One Day Training : “Q-Soft Penggalian Data Al-Qur’an Tematik”

(Suasana Pelatihan)
Foto oleh : Diah Meiyanti
 Pada 5 Agustus 2017 telah diselenggarakannya acara Training Q-Soft Penggalian Data Al-Qur’an Tematik oleh 3 organisasi yaitu PB Wanita Al-Irsyad, Indonesia Mahir Al-Qur’an dan Kita Data di Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq lantai 3, Cawang. Acara ini diadakan oleh PB Wanita Al-Irsyad yang notabene nya organisasi yang berkecimpung di dunia pendidikan dan sosial dimana organisasi ini bekerjasama dengan Indonesia Mahir Al-Qur’an yang memang bidangnya khusus Al-Qur’an dimana Indonesia Mahir Al-Qur’an selalu mengadakan kajian rutin setiap minggunya mengenai Al-Qur’an seperti kajian tahsin, quantum terjemah Al-Qur’an dan Q-Soft, sedangkan untuk organisasi Kita Data sendiri adalah organisasi khusus untuk training aplikasi Q-soft.  Tujuan diadakannya acara ini agar generasi muda sekarang ini mudah untuk mempelajari dan mengkaji Al-Qur’an dimana dalam hal ini tentu sangat cocok untuk anak muda karena menggunakan aplikasi yang dapat mempermudah orang untuk mengkaji Al-Qur’an. Aplikasi Q-Soft sendiri adalah aplikasi untuk mempermudah mencari ayat Al-Qur’an menggunakan tematik. Software Al-Qur’an ini disusun dan dilengkapi dengan fungsi database pada Ms. Access. 
(Kiri: Ibu Nurlina, Ketua Indonesia Mahir Al-Qur’an. Kanan: Atika Aziz, Ketua PB Wanita Al-Irsyad)
Foto oleh : Diah Meiyanti
    Aplikasi ini dibuat oleh Bapak Budi Pracoyo dimana software ini dihasilkan berdasarkan penelitian lebih dari 14 tahun dan didukung lebih dari 24 juta data. Aplikasi ini menyaring kata berdasarkan akar kata dan perubahan bentuknya dan menampilkan tafsir, teks ragam utsmani, murratal 17 qori terbaik dunia dan konkordasi kata dengan tiga sistem indeks. Acara ini dimulai pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh MC dan tilawah serta sari tilawah. Acara ini lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua PB Wanita Al-Irsyad Ibu Fahimah Askar dan sambutan dari Indonesia Mahir Al-Qur’an Djamsir Adjam. Acara ini dihadiri 75% anak muda ini dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustad Samir Basim Arfan dengan tema “Mukjizat Al-Qur’an”. Setelah ceramah, ada pengenalan aplikasi Q-Soft dan pelatihan penyortiran, penyaringan dan menemukan data pada aplikasi Q-Soft. Acara ini berakhir sekitar pukul 17.30 WIB dengan doa dan penutup. 
(Suasana Pelatihan)
Foto oleh: Diah Meiyanti
       Untuk menyelenggarkan acara ini Atika Aziz selaku Ketua Keputrian Pb Wanita Al-Irsyad dan ibu Nurlina selaku ketua Indonesia Mahir Al-Qur’an mengaku hanya membutuhkan persiapan sekitar 10 hari meski tidak ada kendala yang berarti namun tentu dana menjadi salah satu kendala untuk menyelenggarakan acara ini. Semoga dengan adanya acara ini dapat memotivasi kita sebagai anak muda bahwasannya untuk mempelajari Al-Qur’an sangatlah mudah apalagi didukung dengan teknologi yang semakin canggih. (isk)

1 thought on “One Day Training : “Q-Soft Penggalian Data Al-Qur’an Tematik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *