Melesatnya Pertumbuhan Ekonomi di Timur Indonesia

Sumber : infopresiden.com

Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara akan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi (Wikipedia). Maka dari itu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi sangat berkaitan, pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi meningkatkan proses kelancaran pembangunan ekonomi.

Disadari atau tidak, pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian timur mulai meningkat seperti yang dikarbarkan Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Maluku dan Papua tumbuh pesat di kuartal I 2018. Hal itu tercermin dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto-nya (PDB) yang sebesar 18,42% atau yang tertinggi di antara wilayah lainnya. Peningkatan ini merupakan kenaikan yang sangat tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 4,16%. Walaupun demikian kontribusinya masih minim, dan hanya menyumbang 2,5% terhadap PDB Nasional sehingga belum dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembangunan infrastruktur merupakan penunjang utama meningkatnya PDB Indonesia Timur. Bagaimana tidak, pembangunan demi pembangunan pada 3 tahun belakangan ini sangat digencarkan untuk mempermudah akses tranportasi. Misalnya di Papua dahulu jarak 260 km antara Wamena – Nduga dapat ditempuh selama 4 hari 4 malam sekarang jarak tersebut dapat ditempuh dengan waktu hanya 5-6 jam. Tidak hanya itu pembangunan jalan Trans Papua pun dikebut pengerjaannya dan pemerintah menargetkan pada 2019 mendatang jalan sepanjang 4.329,55 km yang menyambungkan Sorong – Marauke akan rampung.

Pembangunan seperti jalan Trans Papua dan perbatasan lainnya inilah yang diharapkan menjadi akses untuk memudahkan masyarakat setempat yang jauh dari pusat kota agar dapat menurunkan biaya logistik, sehingga harga barag – barang juga bisa turun dan menjadi keuntungan untuk mengembangkan potensi – potensi yang ada didaerahnya. Hal ini lah yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah terluar, yang selaras dengan tujuan Nawa Cita yaitu ingin membangun wilayah  terluar, terdepan dan terpencil Indonesia. (IB)

Sumber Refrensi :

Detik.com

Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *