KEMERIAHAN WISUDA UNJ DI JIEXPO KEMAYORAN

Universitas Negeri Jakarta menggelar upacara wisuda bagi wisudawan dan wisudawati dari program Diploma, Sarjana, dan Pasca Sarjana semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Acara wisuda diadakan pada hari Minggu (24/3/2019) di Hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Wisuda ini diisi dengan orasi Ilmiah dari Kepala Divisi Pelayanan Produksi Net, Rahmat Edy Irawan.

Foto Oleh Nabila

Tercatat sebanyak 1.760 mahasiswa/i dari seluruh jenjang yang dinyatakan lulus pada semester ganjil tahun ini. Euforia perayaan wisuda kali ini dinilai sangat meriah karena terlihat dari banyaknya mahasiswa/i dan para tamu undangan yang sangat antusias dalam melaksanakan prosesi upacara wisuda, maupun menyambut dan menemani orang tersayang mereka yang menjadi wisudawan dan wisudawati.

Wisudawan dan wisudawati dalam wisuda semester ganjil tahun ini pun memiliki berbagai kesan yang berbeda. Salah satu di antaranya yaitu, ada yang menempuh gelar sarjana dalam waktu 3,5 tahun. Menurut Sarah Nur Baitillah, wisudawati dari Fakultas Ekonomi, motivasinya untuk lulus dalam waktu 3,5 tahun adalah untuk membanggakan dan membahagiakan orang tua dan agar bisa segera bekerja.

Selanjutnya ada dari Winda, wisudawati dari Fakultas Ekonomi yang juga lulus dalam waktu 3,5 tahun itu mengatakan “Excited, tidak menyangka, dan alhamdulillah target yang sudah saya buat bisa tercapai. Alhamdulillah bisa membanggakan orang tua dan alhamdulillah lumayan uangnya karena tidak perlu bayar kuliah lagi.”

Adapun kesan dari wisudawan lainnya “Alhamdulillah susunan acara berjalan dengan lancar dan cukup meriah karena euforia dari teman-teman yang sangat antusias. Segala sesuatunya juga telah disiapkan panitia dengan sangat baik,” ujar Giri Saputro dari Prodi Pendidikan Ekonomi Koperasi 2014.

Rangkaian acara dalam wisuda kali ini dinilai lengkap sekali. Dimulai dari pembukaan oleh rektor, menyanyikan lagu kebangsaan, acara hiburan, dan prosesi upacara wisuda itu sendiri. Tak lupa juga orasi Ilmiah yang diharapkan dengan orasi Ilmiah tersebut dapat bermanfaat sebagai bekal bagi wisudawan dan wisudawati di kemudian hari.

Setelah rangkaian acara selesai, para tamu undangan maupun kerabat yang sudah menunggu di luar gedung, menyambut dengan hangat orang-orang yang mereka sayangi. Tidak sedikit dari mereka yang melakukan foto bersama dalam suasana yang haru dan bahagia. Selain itu, terlihat juga banyak sekali teman-teman dari perwakilan organisasi maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang membawa spanduk berisikan ucapan selamat untuk teman-teman mereka.

Banyak sekali motivasi yang diperoleh dari setiap kesan dan pesan yang diberikan oleh wisudawan dan wisudawati pada acara wisuda kali ini. Terutama dalam hal semangat untuk terus menjalankan setiap kegiatan perkuliahan hingga menyelesaikan skripsi. “Untuk adik-adik semangat terus dalam menuntut ilmu, jangan pernah putus semangat, dan ketika kita punya kekurangan jangan merasa hal tersebut akan menghalangi kita untuk bergerak. Jika kita punya kekurangan maka hal tersebut akan menjadi pecutan bagi kita untuk bisa lebih memanfaatkan apa yang kita punya dan lebih banyak bersyukur atas nikmat yang sudah kita peroleh. Dengan bersyukur maka nikmat kita akan bertambah,” ujar Giri, salah satu wisudawan Fakultas Ekonomi.

“Hal yang akan saya rindukan dari kampus adalah dosennya, teman-teman saya yang senantiasa mendukung hingga saat ini, suasana kampus, dan budaya organisasi kampus yang khas,” tambah Giri.

“Untuk adik-adik, semangat melanjutkan semesternya. Untuk yang  sedang mengerjakan skripsi, harus konsisten dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang tua,” pesan dari Winda, salah satu wisudawati Fakultas Ekonomi. (SVA/RFH)

Foto Oleh Nabila
Foto Oleh Bima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *