KADAL 135: Pengisian Posisi Eksekutif oleh Perempuan Memengaruhi Kinerja Perusahaan

Foto: Google.com

Majunya teknologi pada zaman ini membuat manusia ikut berpikir maju pula. Dewasa ini, semakin banyak orang – orang yang berpikiran terbuka dan menerima perubahan yang ada. Termasuk perihal kesetaraan gender yang mulai diperjuangkan. Gender merupakan kodrat yang diberikan Tuhan sejak manusia lahir. Namun, nyatanya gender bisa menjadi penghambat dalam praktik kehidupan sehari – hari. Beberapa kegiatan dibatasi persyaratan gender membuat beberapa orang mengurungkan niatnya untuk berpartisipasi dalam suatu kegiatan.

Lemah, emosional, dan berperan mengurus keluarga merupakan hal – hal yang melekat pada perempuan. Stereotype inilah yang membuat sebagian orang berpersepsi bahwa perempuan hanya sebatas 3 hal tersebut. Segmentasi gender angkatan kerja merupakan salah satu diskriminasi yang diterima perempuan. Tidak jarang perempuan hanya ditempatkan di posisi jabatan rendah dikarenakan perusahaan menyepelekan potensi yang dimiliki olehnya.

Semenjak gencarnya gerakan kesetaraan gender yang membuat beberapa perusahaan ikut memerhatikan dan mengubah beberapa kebijakannya, perempuan jadi lebih bebas untuk mengembangkan kariernya. Jalur ini juga yang membuat perempuan membuktikan kinerjanya. Terbukti berdasarkan penelitian National University of Singapore (Korn Ferry Diversity Score Card), perusahaan mendapatkan keuntungan dari kondisi kesetaraan gender. Penempatan perempuan dalam posisi direksi nyatanya sangat berpengaruh positif terhadap perusahaan. Perusahaan dengan setidaknya 10% direksi perempuan, dilaporkan memiliki performa finansial yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan dengan kontribusi direksi perempuan di bawah 10%. Dalam rentang waktu tiga tahun, secara konsisten perusahaan dengan kontribusi >= 10% direksi perempuan tercatat memiliki Return of Equity (ROE) yang lebih tinggi.

International Finance Corporation (IFC) di Indonesia percaya bahwa perempuan merupakan bagian penting untuk mencapai kesetaraan dalam pertumbuhan ekonomi dan keragaman gender merupakan faktor penting kesuksesan direksi perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya lebih untuk mendidik dan mengubah pola pikir, meningkatkan dukungan serta mendorong perusahaan dan masyarakat agar keberhasilan yang diperoleh lebih maksimal.

 

Research and Development by Oza Rahmah Tiara

Edited by Mayang Syifa Azhari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *