KEMERIAHAN OPENING ECONOMICS EXPO 2019

Tepat pada hari Kamis, 2 Mei 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) berusia 14 tahun. Dalam memperingati ulang tahun Fakultas Ekonomi ini, seperti tahun-tahun sebelumnya tahun ini kembali diadakan Economics Expo 2019 yang diselenggarakan di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana, Kampus A UNJ, dengan mengambil tema “Sinergi Inklusif Pembangunan SDM Yang Berdaya Saing Global”.

Foto oleh Abror

Acara ini berlangsung meriah, tidak hanya dihadiri oleh mahasiwa dan dosen saja tetapi dalam acara ini mampu mendatangkan para purnawirawan yang telah berjasa dalam membangun Fakultas Ekonomi menjadi lebih baik hingga seperti saat ini. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka dengan pembacaan doa oleh Bapak Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. Kemudian, dilanjut dengan sambutan oleh Dedi Purwana, E.S., M.Bus.,  selaku Dekan Fakultas Ekonomi, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Fakultas Ekonomi dan beliau mempunyai harapan agar Fakultas Ekonomi mampu menyiapkan para lulusan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan saat ini apalagi di zaman yang serba digital seperti startup dan untuk mahasiswa agar terus berproduktif dalam segala kegiatannya sehingga ikut berpartisipasi menyumbangkan prestasinya untuk menunjang akreditasi fakultas serta pertumbuhan Fakultas Ekonomi yang lebih baik lagi. Selanjutnya sambutan dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan, beliau mengutarakan pencapaian-pencapaian progresif yang telah dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dari mulai pengajar, mahasiswa, hingga beberapa program studi di Fakultas Ekonomi yang masuk kategori program studi yang paling diminati pada tahun ini. Beliau juga berpesan agar Fakultas Ekonomi tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu layanan akademik karena hal ini merupakan tanggung jawab besar setiap fakultas, dan berharap FE terus melakukan pencapaian-pencapaian lainnya yang membanggakan.

Economics Expo dibuka dengan ditandai pelepasan konveti oleh dekan dan wakil dekan, serta jajaran petinggi di FE. Selepas itu seluruh hadirin bertepuk tangan dan bersorak penuh rasa syukur. Hadirin yang datang yang begitu meriah sekaligus terharu atas perjalanan FE yang kini menginjak usia ke-14 tahun.

Foto oleh Abror

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian hibah dari PT. Telkom kepada Fakultas Ekonomi yang diwakilkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak Dedi Purwana. Setelah itu, simbolis syukuran akreditasi Program Studi Pendidikan Bisnis yang kini menjadi akreditasi A, diikuti dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama. Setelah itu, dilanjutkan lagi dengan simbolis syukuran akreditasi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan akreditasi B dan diikuti dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama.

Ada yang menarik dalam acara Opening Economics Expo kali ini yaitu sesi pelepasan purnabakti Dosen Fakultas Ekonomi yang dipandu oleh Widya Paramitha, S.E., M.PA., yang kemudian penayangan video singkat mengenai ucapan terima kasih mewakili FE kepada para purnabakti dosen, acara pun berlangsung haru. Adanya simbolis yang diberikan kepada perwakilan dosen, yaitu Ibu Rohyati untuk memasuki masa purnabakti oleh Ibu Widya dan Bapak Dedi.

Acara selanjutnya adalah launching digital library . E-learning ini berkonsentrasi mengenai jurnal mahasiswa Fakultas Ekonomi dan tugas akhir mahasiswa.

Kemudian dilanjutkan dengan launching mockin.id yang tergabung dalam Entrepreneur Club FE berkonsentrasi pada penjualan tiket,promosi event,dll., yang dipaparkan oleh Bapak Shandy.

Lalu, ada pemberian hadiah secara simbolis kepada pemenang konten Marketing Competition. Hiburan yang ditungu-tunggu yaitu persembahan penvilan dari para dosen,  penampilan pertama dari perwakilan Dosen Akuntansi dengan membawakan lagu yamko rambe yamko. Setelah itu, penampilan dari perwakilan Dosen Ekonomi Administrasi menyanyikan lagu dari kahitna yang berjudul “Cantik”, tidak mau kalah dengan Dosen Akuntansi dan Ekonomi Administrasi, Dosen Manajemen pun ikut menampilkan kehebatannya dalam bernyanyi dengan membawakan lagu “Karena Cinta”. Begitu juga dengan perwakilan dosen purnabakti yang juga ikut menyumbangkan suara indahnya dengan menyanyikan lagu “Kemesraan”.

“Pesan dan kesan selama saya mengajar di Fakultas Ekonomi ini banyak pengalaman yang menarik dari mahasiswa yang dulu hingga mahasiswa-mahasiswi sekarang semakin menunjukkan perilaku yang baik dan lebih sopan. Namun terkadang selama pembelajaran di kelas mahasiswa yang kurang konsentrasi penuh pada mata kuliah dan tidak jarang semakin sedikit mahasiswa yang ingin bertanya tentang materi yang sedang berlangsung dikelas, mahasiswanya kurang aktif selama pembelajaran di kelas,” cerita Ibu Rohyati salah satu dosen purnabakti yang dilepas tahun ini.

Setelah acara penampilan para dosen, kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang dari pertandingan Dekan Cup yang telah diselenggarakan.

“Senang sekali acara opening Economics Expo ini dapat berjalan dengan lancar dan sewaktu pelepasan para purnabakti dosen seperti ada perasaan kehilangan karena beliau-beliau ini senior yang  selalu membimbing apalagi di antara purnabakti dosen yang dilepas ini kan juga ada yang pendiri FE, pesan saya untuk mahasiswa terus kembangkan diri karena kalian secara dewasa, analitis, dan secara intelektual sudah matang dalam memecahkan problem-problem disekitar kalian. Kemudian harapan saya agar FE selalu bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang kreatif, mandiri, dan tentunya juga pengabdian kepada masyarakat, serta jangan bergantung pada pekerjaan apa dan di mana nanti saya diterima tetapi fikirkan bagaimana saya bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan karena ini tantangan sekarang yang harus diselesaikan apalagi di era teknologi yang pesat ini sangat membuka banyak peluang untuk mengembangkan kreativitas kalian,” tutur Ibu Sholikhah selaku Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran sekaligus penanggung jawab Ketua Panitia Opening Economics Expo.

14 tahun bukanlah jangka waktu yang pendek melainkan perlu banyak perjuangan dan tantangan yang harus dilalui oleh para pendiri Fakultas Ekonomi  UNJ dengan segala pencapaian yang telah diraih mari kita bersama melanjutkan dan meningkatkan prestasi Fakultas Ekonomi agar lebih baik dan jaya di nasional maupun tingkat internasional agar membanggakan para pendiri yang telah berjuang membangun FE UNJ hingga berdiri sampai saat ini. (cdf/sva/dv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *