Kemeriahan “THE OFFICE EXPLORER 2019”

Telah berlangsung kegiatan The Office Explorer pada tanggal 29 dan 30 April 2019 kemarin. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh prodi D3 Administrasi Perkantoran dan S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Pada kesempatan kali ini, The Office Explorer yang mengangkat tema “Ready for 4.0 Revolution Industry: Be Talented Skilled and Professional Administrator”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Acara ini sendiri dimeriahkan oleh beberapa panitia dari kedua prodi yang mengadakan kegiatan tersebut.

“Persiapan panitia kurang lebih selama 2 bulan. Sekitar 1 bulan itu persiapan untuk keseluruhan, kerjasama antar panitia juga kuat. Untuk waktu kita memang benar-benar mepet sekali,” ujar Febi Ayu, D3 Administrasi Perkantoran 2016, selaku ketua pelaksana kegiatan The Office Explorer.

Acara ini dikuti oleh beberapa sekolah SMK di Jakarta. Ada sekitar 10 sekolah yang mengikuti acara ini, yaitu SMK Sejahtera, SMK 50 Jakarta, SMK Bina Pangundi Luhur, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, SMKN 62 Jakarta, SMKN Mardhika, SMKN 49 Jakarta, SMKN Tunas Markatin, SMKN 1 Jakarta, dan SMKN 23 Jakarta.

“Rangkaian acara ini diawali dengan Talkshow, lalu dilanjut dengan Top Personal Administration Assistant, Top Ranking Administratif, Fashion Office dan Econo Idol,” ujar Feby.

Foto oleh Shyntia

Rangkaian Talkshow ini merupakan agenda awal dari Acara The Office Explorer. Acara ini berupa seminar Inspiratif dengan mengangkat tema “Improving Your Public Speaking Skills to Become a Professional Speaker”. Acara ini diisi oleh pembicara hebat, yaitu Caesar Gunawan Wibisono, S.H yang merupakan Presenter Net TV dan juga Hendra Purnama, S.Pd, M.M yang merupakan HRD BukaLapak. Kedua pembicara tersebut didampingi oleh moderator dari mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta, yakni Ghivani Adilah.

Foto oleh Shyntia

“Acara tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, kalau tahun sebelumnya itu kita hanya mengadakan 3 lomba seperti Top Rangking Office Administration, TPAA (Top Personal Administration Assitant) yaitu seperti LKS nya SMK, dan terakhir ada Fashion Office Look dengan pakaian formal perkantoran. Nah, untuk tahun ini, kita ditambah dengan Econo Idol. Tujuannya untuk mengembangkan bakat mereka. Jadi, selain memiliki bakat berkompetensi di bagian Administrator, mereka juga dapat mengembangkan bakatnya dibidang seni suara,” ujar Marsofiyati, selaku Koor Prodi D3 Administrasi Perkantoran.

Perlombaan yang diadakan dalam acara ini menghasilkan banyak sekali Juara. Untuk perlombaan TPAA (Top Personal Administration Assitant) juara pertama diraih oleh SMK Sejahtera Jakarta. Untuk perlombaan Top Rangking Administratif juara pertama diraih oleh SMK Mahardika. Untuk perlombaan Fashion Show juara pertama diraih oleh SMKN 50 Jakarta. dan  perlombaan Econo Idol dibagi menjadi 2, untuk kategori SMK juara pertama diraih oleh SMK Pangbudi Luhur dan Kategori Fakultas Ekonomi juara pertama diraih oleh Yuvela.

Foto oleh Rifa HPD TOE

“Perasaan saya senang, kaget juga baru pertama kali mengikuti lomba ini,” ujar Angelica Siswi SMK Sejahtera, salah satu pemenang lomba TPAA. “Acara ini meriah, bagus, terus kakak LO nya juga baik banget. Hal yang paling menarik menurut saya, ya bisa dapatin juara satu disalah satu lomba ini,” lanjut Agelica.

Foto oleh Rifa HPD TOE

“Persiapan untuk lomba ini saya nggak ada. Kaget juga soalnya hanya dikasih waktu 2 hari karena saya sebagai pengganti teman saya yang mendadak tidak bisa mengikuti acara ini. Tapi Alhamdulillah saya senang, bangga, bersyukur banget sama Allah SWT yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memenangkan lomba ini, lalu kedua orang tua yang sudah mendukung saya dan juga teman-teman semua,” ujar Rifkiah Fadilah siswi SMK Mardhika, salah satu pemenang Top Rangking Administratif.

“Harapan saya untuk lomba The Office Explorer kedepannya mudah-mudahan semakin baik, semakin bagus, serta pesertanya juga tidak memfokuskan ke SMK-SMK saja kami akan mencoba segmen baru dengan mengundang beberapa kampus untuk menjadi peserta dalam acara The Office Explorer” Ujar Marsofiyati.

“Untuk The office Explorer tahun depan saya sangat berharap rangkaian acaranya lebih banyak lagi, peserta yang mengikuti lebih banyak dari yang sekarang serta panitianya lebih kreatif lagi,” ujar Feby (NTA/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *