SEMANGAT PUASAMU MENGENDUR? BERIKUT TIPS AGAR SEMANGAT PUASAMU TETAP TERJAGA HINGGA AKHIR BULAN!

Foto: Google.com

EClicious, puasa Ramadan merupakan salah satu ibadah tahunan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh kaum muslimin. Bahkan tidak sedikit orang yang mempersiapkan kesehatan, fisik, mental, dan kebutuhan puasanya dari jauh hari sebelum bulan Ramadan tiba. Namun, tidak sedikit orang yang mulai kehilangan  semangat berpuasanya ketika sudah melewati minggu pertama puasa. Untuk itu, simak tips ini agar semangat puasamu tetap terjaga hingga akhir bulan

1.Niatkan ibadah puasamu dengan tulus dan ikhlas sejak hari pertama

Niat memang sebuah kata yang paling mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Berniat sangat penting untuk kamu dalam menjaga semangat puasamu. Jika dari awal niatmu kuat untuk berpuasa, maka pikiranmu akan selalu mensugesti tubuhmu agar selalu bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa.

 

2.Ingat selalu mengenai pahala yang akan kamu dapatkan

Pahala yang kamu dapatkan mungkin tidak bisa secara langsung terlihat, namun kamu harus percaya bahwa pahala tersebut akan kamu dapatkan jika kamu berpuasa dengan ketentuan dan niat yang benar. Ingatlah bahwa di bulan Ramadan, setiap ibadahmu mendapatkan pahala sepuluh kali lipat dari bulan lainnya. Jadi, ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk semangat berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

 

3.Lakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan

Tidak sedikit orang yang mengeluh mengenai kegiatan mereka selama mereka berpuasa. Padahal, keluh mereka justru yang mensugesti diri mereka lelah. Untuk itu, lakukanlah kegiatan positif seperti beribadah dan lakukan kegiatan yang membuatmu senang salah satunya adalah melakukan hobimu. Dengan begitu, puasamu akan kamu lalui dengan semangat.

 

4.Lakukan kegiatan yang berbeda setiap hari

Salah satu alasan yang membuat semangat kita berkurang adalah bosan. Agar tidak bosan, buatlah kegiatanmu bervariasi sehingga hari selanjutnya akan selalu kamu tunggu tunggu.

 

5.Bersyukur

Bersyukur adalah kata yang sering sekali kita sebutkan. Namun, pada kenyataannya bersyukur sulit sekali kita tanamkan pada diri kita. Bersyukurlah karena tahun ini kamu masih diberikan kesempatan untuk bertemu dan berpuasa di bulan Ramadan. Selain itu, bersyukurlah bahwa kamu masih bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh banyak pahala dan kemungkinan bertemu dengan malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menjaga semangat puasa kamu. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan dapat kamu bagikan kepada orang orang tersayang. (SVA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *