Kenalan dengan Ratu Wushu Indonesia Yuk!

Wushu adalah cabang olahraga beladiri yang berasal dari negeri China. Olahraga wushu merupakan salah satu cabang yang diandalkan oleh Indonesia dalam SEA Games, ASIAN Games, Kejuaraan Dunia dan lain-lain untuk memperoleh medali emas. Salah satu contoh medali emas yang disumbangkan dari cabang wushu adalah pada ASIAN Games 2018 tahun lalu di nomor Taolu Putri Taijiquan yang diperoleh Lindswell Kwok.

Foto: Google.com

Lindswell Kwok adalah atlet wushu Indonesia yang berasal dari Sumatra Utara. Atlet kelahiran Binjai, 24 September 1991 ini telah banyak mencatat berbagai prestasi nasional maupun internasional. Lindswell Kwok berada di klub Yayasan Kusuma Wushu Indonesia dan dilatih oleh Zhang Yue Ning.

 Lindswell Kwok telah mengikuti Kejuaraan Nasional Junior sejak tahun 2005. Pada saat itu Lindswell Kwok berhasil membawa pulang medali perak. Pada tahun berikutnya yaitu 2006 Lindswell Kwok mewakili Indonesia di ajang World Junior Wushu Championships (WJWC) yang diadakan oleh Internasional Wushu Federation (IWUF). Dalam ajang yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia tersebut Lindswell Kwok berhasil meraih medali perunggu. Pada tahun 2008 Lindswell Kwok berhasil meningkatkan prestasinya di ajang World Junior Wushu Championships (WJWC) dengan meraih medali emas.

Di tahun 2009, Lindswell kembali mewakili Indonesia di ajang World Wushu Championships (WWC) di Ontario, Kanada. Lindswell meraih medali emas satu-satunya bagi Indonesia. Di nomor Taijiquan, Lindswell meraih medali emas dengan menggungguli Ai Miyoka (Jepang) yang meraih medali perak dan Wen Chingni (Taiwan) yang meraih medali perunggu. Sementara di nomor Taijijian, giliran Wen Chingni meraih medali emas. Ng Shin Yi (Malaysia) menduduki tempat kedua dan meraih medali perak. Lindswell di nomor ini meraih posisi ketiga, meraih medali perunggu.

 Pada SEA Games Laos 2009 Lindswell Kwok hanya berhasil membawa pulang medali perak di nomor Taijiquan. Saat itu Lindswell Kwok kalah poin dari atlet Malaysia yaitu Chai Fongying. Di ASIAN Games 2010 yang berlangsung di China Lindswell Kwok gagal meraih target medali emas. Pada ASIAN Games 2018 tahun kemarin di mana Indonesia menjadi tuan rumah Lindswell Kwok berhasil mempersembahkan medali emas di nomor Taolu Putri Taijiquan.

Selain berbakat dan segudang prestasi Lindswell juga mendapat peringkat 1 dalam daftar atlet terseksi versi Fox Sport Asia. Ia juga menjadi urutan pertama dalam daftar 10 Hottest Athletes of SEA Games 2017.

Lindswell Kwok memutuskan pensiun setelah mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ASIAN Games 2018. Lindswell Kwok juga memutuskan untuk pindah agama menjadi Islam. Sebelumnya Lindswell Kwok memeluk agama Buddha. Lindswell Kwok juga mengubah penampilannya dengan menggunakan hijab. Lindswell Kwok menikah dengan Achmad Hulaefi yang juga merupakan atlet wushu Indonesia dan menggelar resepsi pernikahan pada 9 Desember 2018.(LRI/DM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *