Lanjut atau Stop!! Tips dan Trik untuk Kamu yang Merasa Salah Pilih Jurusan di Kuliah

Foto: Google.com

Masa remaja merupakan masa saat kita sedang dilanda dengan sebuah kelabilan. Banyak siswa yang setelah lulus sekolah bingung ingin menentukan kemana ia akan melangkah selanjutnya, antara lanjut menempuh pendidikan tinggi atau bekerja. Hal tersebut pun juga dirasakan oleh beberapa mahasiswa. Mereka merasa bahwa prodi atau jurusan yang mereka pilih bukanlah passion mereka atau tidak cocok dalam prodi tersebut. Masalah ini bukanlah hal baru di dalam dunia perkuliahan. Mahasiswa akan merasa dirinya salah pilih jurusan ketika mereka masih berada pada tingkat 1, akhirnya dengan perasaan tersebut menimbulkan keinginan untuk pindah ke jurusan yang diminati atau mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi kembali supaya mendapatkan jurusan yang mereka inginkan.

Faktor yang menyebabkan seorang mahasiswa salah dalam memilih jurusan, yaitu karena menuruti keinginan orang tua, mengikuti pilihan teman, tergiur dengan akreditasi prodi yang A padahal bukan passion mereka, dan masih banyak lagi.

Saat merasa salah dalam memilih jurusan sebenarnya hal tersebut sangat amat salah dilakukan untuk menghadapi kelabilan tersebut. Lalu, bagaimana mengatasi hal seperti itu? Berikut ini ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu untuk menemukan solusi mengatasi kesalahan pilih jurusan.

  1. Buang jauh-jauh perasaan menyesal dan jangan merasa terpuruk

Salah masuk jurusan pasti membuat kita merasa dunia seakan-akan berhenti dan tidak adil bagi kita. Hal tersebut membuat kita justru semakin terpuruk. Tetap positif thinking apa yang kita peroleh saat ini merupakan anugerah dari sang Mahakuasa.

  1. Pelajari segala hal yang merupakan hobimu

“Loh, kan ga nyambung sama mata kuliah kita.” Pelajari hal yang baru bukan sesuatu yang buruk. Justru dari situ kita mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Jangan ragu atau jangan takut lelah mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus. Karena hal tersebut dapat membantu kamu melupakan kelabilan kamu untuk pindah jurusan.

  1. Sering bergabung dengan kelompok belajar

“Jadi mahasiswa itu harus aktif jangan pasif” seringkali kita dengar hal tersebut pastinya. Apalagi kalau kita salah pilih jurusan, udah salah masuk jurusan, malas dan tidak mau bertanya ke teman. Hal itu sangat amat salah. Ketika kita tidak memahami hal-hal yang baru bagi kita, tidak ada salahnya aktif bertanya kepada teman kelompok.

  1. Mencoba bisnis kecil-kecilan di sekitaran kampus

Melakukan bisnis di kampus bukan hal yang salah. Hal ini dapat membantu kamu jika memang kamu merasa bahwa passion kamu di bisnis. Kembangkan hal tersebut dan jadikan bisnis kecil-kecilan itu sebagai batu loncatan.

  1. Selesaikan jurusan atau prodi tersebut hingga akhir

Kita harus menyelesaikan sesuatu yang telah kita mulai dari awal. Sayang banget pastinya waktu seperti terbuang sia-sia kalau kita memilih untuk mengulang tes dan masuk ke dalam jurusan yang kita minati. Oleh karena itu, selesaikan terlebih dahulu dan jalani dengan setulus hati.

Nah, sudah tau kan tipsnya untuk menghadapi kesalahan jurusan? Jadi, jangan takut untuk mencoba ya, guys. Yakinlah bahwa tuhan yang Maha Esa telah memberikan yang terbaik untuk kita. Jangan putus asa, tetap semangat kuliahnya dan berikan balasan yang terbaik untuk orang tua kalian! Dan ingatlah satu hal bahwa life must go on’. (NTA)

1 thought on “Lanjut atau Stop!! Tips dan Trik untuk Kamu yang Merasa Salah Pilih Jurusan di Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *