SEMINAR NASIONAL KARYA TULIS ILMIAH POPULER

Foto by HPD SKIP

Kamis, 27 Juni 2019 telah diselenggarakan acara Seminar Nasional Karya Tulis Ilmiah Populer dengan mengusung tema “Show Your Creativity Quality Writing” bertempat di Aula Hatta lantai 2 Gedung Pasca Sarjana, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. Acara ini, diadakan oleh prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran 2017 dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjut sambutan oleh ketua pelaksana Febi Farhan dan Agus Wibowo, S.Pd.I, M.Pd selaku dosen Bahasa Indonesia. Acara ini terbagi menjadi dua yaitu seminar dengan pembicara Muhammad Rifki Fadilah, S.Pd. selaku peneliti bidang Ekonomi “The Indonesian Institute” dan sesi kedua yaitu talkshow dengan pembicara Dhira Vidhea selaku CEO Tinlit dan Tita Desyara selaku Mawapres UNJ 2018 serta pencetus Saung Prestasi.

Acara sesi pertama yaitu seminar dengan pembicara pertama oleh Muhammad Rifki Fadilah, S.Pd. yang didampingi oleh moderator Ghivani Adilah Irwanda yang merupakan finalis Abang None Jakarta Pusat 2019 dan merupakan salah satu mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Seminar ini membahas mengenai bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.

“Ketika kita ingin menulis karya tulis ilmiah, kembangkan ide kalian ketika ide tersebut sudah muncul langsung menulis dan raih sukses dalam menulis karya ilmiah” ujar Rifki.

Acara sesi kedua yaitu talkshow dengan pembicara Dhira Vidhea dan Tita Desyara. Pada sesi talkshow ini, pembicara menceritakan pengalaman mereka dalam Karya Tulis Ilmiah Populer.
“Ketika kalian sudah memiliki semangat untuk menulis, kalian harus pahami apa yang akan kalian tulis. Kalau punya ide jangan ditinggal tidur, mulailah menulis!” ujar Dhira.

“Ketika kita berani menulis benefit yang akan kita terima itu banyak, menulis itu mudah, yang membuat susah itu karena belum mencoba” ujar Tita.
Acara yang dimulai pukul 08.00-15.00 WIB ini, sangat bermanfaat. Selain dapat meningkatkan kreativitas dalam menciptakan karya tulis yang berkualitas, acara ini juga mengingatkan kita bahwa berwirausaha tidak hanya tentang jual-beli tetapi juga melalui tulis-menulis karena berwirausaha tidak selalu soal membuat usaha, seperti yang disampaikan oleh Agus Wibowo.

Agus Wibowo mengatakan, Kewirausahaannya seorang penulis adalah manakala Ia produktif menulis, maka Ia seorang entrepreneur, kewirausahaannya seorang dosen bukan berarti membuat usaha saja tapi bagaimana dia dengan kapasitasnya sebagai dosen tetap memunculkan karakter pengusahanya seperti orang yang jeli melihat peluang, pantang menyerah, dan berpikir out of the box.

Dengan diadakannya acara ini juga membuat angkatan PAP 2017 lebih kompak, mengeratkan kekeluargaan dan lebih mengenal satu sama lain, serta melatih bagaimana mengelola tim, mencari sponsor, hingga membuat laporan, harapannya lulusan Fakultas Ekonomi UNJ memiliki jiwa berwirausaha di mana pun bidang profesinya.

“Acara ini menarik dan meriah, pembicaranya kata-katanya mudah dipahami buat mahasiswa,” ujar Neni Anggraeni salah satu mahasiswa dari UNSIKA.


Seminar ini diakhiri dengan penampilan Mikart FE UNJ dan pembagian doorprize dari sponsor Emina dan Biznet. Semoga tahun selanjutnya acara seperti ini semakin banyak diselenggarakan karena ilmu yang sangat bermanfaat untuk bekal mahasiswa dalam pekerjaannya mendatang. (CC/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *