KADAL 140 : Perebutan Keluarga Buah dan Sayur Terhadap Tomat

Sedari dahulu hingga sekarang, perdebatan klasifikasi tomat memang tidak bisa dihindari. Ada pihak yang mengatakan bahwa tomat merupakan sayur. Namun, ada pihak lain yang percaya bahwa tomat masuk dalam keluarga buah. Jadi, sebenarnya tomat termasuk dalam keluarga mana? Sebelum berdebat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja yang membuat sesuatu dikategorikan buah dan sayur.

            Ternyata perdebatan ini pernah sampai masuk ke dalam sidang pengadilan Amerika “US Supreme Court” pada abad ke-19 tepatnya pada tahun 1893. Saat itu, tomat ditetapkan sebagai buah dan adanya pemberlakuan pajak sebesar 10% terhadap sayur-sayuran impor. Menyikapi hal tersebut, para importir saling beradu argumen sehingga menyebabkan kasus ini dibawa ke pengadilan. Sidang ini berakhir dengan Mahkamah Agung yang memindahkan tomat menjadi keluarga sayur atas dasar klasifikasi kulinernya.

            Menurut Pauline Ladiges, seorang profesor di sekolah botani di The University of Melbourne terdapat perbedaan yang jelas antara sayur dan buah. Jika ditinjau dari klasifikasi botani, yang dikategorikan buah adalah tanaman berbiji yang melalui proses penyerbukan dalam perkembangannya memiliki daging buah dan benih dari tanaman itu sendiri. Sedangkan, sayur adalah bagian tanaman yang tidak berbunga ataupun berbiji. Beda lagi dengan klasifikasi kuliner yang berpendapat bahwa buah adalah tanaman yang memilki rasa manis atau asam dan bisa dinikmati langsung. Berkebalikan dengan buah, sayur dalam aspek ini dinilai sebagai tanaman yang memiliki rasa hambar dan pahit sehingga harus diolah terlebih dahulu untuk membuat hidangan lebih lezat.

Nah, setelah membaca poin-poin di atas semoga kamu tidak bingung lagi ya jika ditanya ‘status’ tomat dalam dunia sayur dan buah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tomat secara “De Facto” adalah buah dan secara “De Jure” di Amerika Serikat adalah sayuran. Tentunya dibalik perebutan klasifikasinya, keduanya sama-sama kaya akan nutrisi. Buah cenderung tinggi akan jumlah gula dan kalori alami, sedangkan sayur unggul dalam poin kandungan seratnya.

Ditulis oleh : Oza Rahmah Tiara

Editor : Maria Nathania

Sumber :

Puji, A. (2018, April 3). Tomat d Timun itu Buah Atau Sayur? Cari Tahu Perbedaan Buah dan Sayur, YUk! Retrieved 07 17, 2019, from hellosehat.com: https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/bedanya-buah-dan-sayur/amp/

Yudha. (2019, Maret 2019). Sebenarnya Tomat Buah atau Sayur? Ini 8 Penjelasan Ilmiah Tentangnya! Retrieved July 17, 2019, from IDN TIMES: https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/viktor-yudha/tomat-buah-atau-sayur

Youtube Channel : Kok Bisa? Link : https://youtu.be/nZQWX_TaSEU

 

1 thought on “KADAL 140 : Perebutan Keluarga Buah dan Sayur Terhadap Tomat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *