Pawai Ragam Jakarta GenBI 2019

Foto Oleh Fadly

Minggu, 30 Juni 2019 GenBI Jakarta melaksanakan Pawai Ragam Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia. Acara Pawai Ragam Jakarta tersebut dilaksanakan untuk memperingati Ulang Tahun KPW BI Jakarta dan DKI Jakarta yang ke-492. Para peserta melakukan registrasi tepat pukul 06.00 pagi. Peserta Pawai Ragam Jakarta menggunakan baju khas daerah Betawi serta dimeriahkan dengan 2 ondel-ondel dan diiiringi oleh musik tanjidor.
“Tujuan diadakan acara Pawai Ragam Jakarta ini adalah untuk memperingati ulang tahun Jakarta yang bertepatan pada tanggal 22 Juni 2019 ini, rencananya kami akan memperkenalkan budaya Jakarta seperti saat ini ada budaya ondel-ondel, palang pintu, ada juga penari Betawi. Selain untuk memperkenalkan budaya Jakarta, acara ini juga mengedukasi kepada masyarakat. Jadi, kami di sini dibagi menjadi beberapa kelompok dan memberikan kuis kepada masyarakat serta sosialisasi tentang Jakarta saat ini, tidak hanya mengenai budayanya, juga tentang kebijakan-kebijakan baru yang ada di Jakarta, transportasi baru dan sebagainya,” ujar Abirama selaku ketua GenBI Jakarta 2019.

Pada pukul 07.30 Pawai Ragam Jakarta mulai berjalan dari Halte Tosari untuk mengelilingi Bundaran HI. Pawai Ragam Jakarta berhenti sejenak pada pukul 08.00 di depan Plaza Indonesia untuk sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang dilakukan mengenai Jakarta saat ini disambut baik oleh masyarakat. Masyarakat yang lari pagi atau sekedar berjalan-jalan sangat antusias dengan adanya Pawai Ragam Jakarta. Beberapa keluarga mengabadikan momen mereka dengan ondel-ondel.
“Karena acara pawai ini masih baru dan mengambil tema kebudayaan Jakarta jadi antusiasme warga yang melihat sangat tinggi. Harapannya untuk GenBI lebih maju lagi dan tujuan diadakannya GenBI, yaitu progam sosial Bank Indonesia. GenBI dibentuk karena kami menerima beasiswa dari Bank Indonesia dan kita sebagai GenBI harus memberikan feedback lagi kepada masyarakat, karena kita dari penerima beasiswa ini menerima uang dari dari masyarakat Jakarta juga. Jadi, kita harus membantu mengembangkan Jakarta itu sendiri,” ujar Ricky salah satu peserta Pawai Ragam Jakarta.

Abirama selaku ketua GenBI 2019 juga berharap agar dengan dilaksanakannya Pawai Ragam Jakarta ini masyarakat lebih mengenal budaya Jakarta dan segala hal baru lainnya untuk lebih kenal oleh masyarakat. Abirama juga mengungkapkan harapannya untuk para generasi baru Indonesia agar bisa memberikan dampak yang lebih luas dan lebih dalam bagi masyarakat Indonesia.

Pawai Ragam Jakarta ini diikuti oleh 100 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari 2 Universitas Negeri di Jakarta, yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta. Pawai Ragam Jakarta tersebut merupakan acara pembuka dan nantinya akan ada acara-acara lainnya yang lebih seru lagi yang diadakan oleh GenBI Jakarta. Pada bulan September nanti akan berlangsung acara GenBI Expo. Pada GenBI Expo tersebut akan ada beberapa rangkaian acara. Pawai Ragam Jakarta ini berakhir tepat pukul 10.00 di titik kumpul awal. (LRI/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *