Ikut Organisasi, Penting atau Hanya Buang-Buang Waktu?

Ilmu merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat. Di kampus kita dapat dengan mudahnya mendapatkan ilmu. Namun, selain kegiatan pembelajaran formal di kelas, perguruan tinggi juga memiliki wadah lain untuk mendapatkan ilmu, khususnya soft skill dan praktik yang tidak bisa kita dapatkan di kelas. Wadah tersebut adalah organisasi, organisasi merupakan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Meskipun terkadang kita merasakan sedikit kerugian karena harus berkorban waktu dan tenaga saat menjalani organisasi, tetapi manfaat berorganisasi akan sangat terasa saat kita terjun ke dunia kerja maupun dunia sosial masyarakat.

Mungkin bagi mahasiswa baru yang belum pernah mengikuti organisasi baik di sekolah maupun di lingkungannya, hal tersebut sah saja. Jika EClicious menganggap bahwa ikut serta dalam organisasi adalah kegiatan yang hanya melelahkan dan membuang waktu, hal tersebut sangat wajar karena sebagian mahasiswa belum mengetahui tujuan dan manfaat dari organisasi tersebut. Oleh karena itu, yuk simak manfaat dari mengikuti organisasi :

1. Dapat mengelola waktu dengan baik.

Ikut organisasi di kampus akan menambah kegiatan kita lebih dari sekadar belajar di kelas. Tidak jarang bahwa organisasi menyita waktu lebih banyak daripada kegiatan belajar kita di kelas. Namun dengan demikian, kita akan belajar dalam mengelola waktu dan membaginya dengan baik antara kegiatan belajar dengan kegiatan organisasi kita sehingga hard skill dan soft skill kita akan seimbang.

2. Memiliki banyak pengalaman baru dan dapat belajar dari pengalaman tersebut.

Berorganisasi bukan hanya persoalan diri kita dan keterampilan kita. Namun juga bagaimana cara kita berinteraksi dan tentunya itu menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga untuk kita. Masalah yang kita hadapi dalam berorganisasi dan solusi atas masalah tersebut yang akhirnya kita temukan dapat membuat kita belajar agar suatu saat ketika menghadapi masalah yang sama, kita dapat menghadapi masalah tersebut dengan mudah.

3. Menambah keterampilan yang dimiliki dan dapat belajar hal baru.

Mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat kita tentu menjadi sangat menyenangkan, karena dengan ikut serta dalam organisasi tersebut kita akan dengan mudah mendapatkan wadah dan teman untuk mengasah keterampilan kita. Selain keterampilan yang sudah kita miliki, kita juga dapat belajar dari keterampilan yang dimiliki teman kita sehingga kita mendapatkan ilmu baru.

4. Memiliki banyak teman.

Dalam berorganisasi tentu kita akan berhubungan dengan orang lain sehingga meski awalnya mau tidak mau, kita harus berkenalan dengan orang baru untuk dapat bekerjasama dengan baik. Tidak sedikit hubungan yang awalnya hanya teman kerja di organisasi bisa berlanjut menjadi teman dekat lho hehe…

5. Belajar menjadi pemimpin.

Ketika kita diberi kepercayaan menjadi seseorang yang memimpin ataupun mengoordinasi suatu acara, secara tidak langsung kita pasti belajar untuk memimpin bagaimana agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Dengan belajar dari pengalaman tersebut, tentunya kita sekaligus bisa belajar menjadi pemimpin yang baik.

Berorganisasi memang bukan hal yang mudah. Kita perlu memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik dalam menghadapi berbagai tanggung jawab yang akan kita jalani. Akan tetapi, organisasi juga merupakan wadah yang baik untuk kita belajar banyak hal yang tentunya akan bermanfaat di masa yang akan datang. Jadi, siapkah kamu ikut serta dalam suatu organisasi? (SVA/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *