KEMERIAHAN OPENING PKKMB UNJ 2019

Foto oleh Syntia

Tepat pada hari Senin, 19 Agustus 2019 Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan Opening Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 yang bertempatan di GOR Veledrome, Kampus B, Universitas Negeri Jakarta. PKKMB  ini merupakan rangkaian yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru untuk mengenal lebih dalam lagi bagaimana kehidupan kampus dan bagaimana tata aturan yang berada di dalam kampus.

Rangkaian kegiatan PKKMB pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya yaitu, opening, PKKMB Fakultas, PKKMB Prodi , closing dan yang terakhir peningkatan soft skill kepada mahasiswa baru. Acara yang dimulai pada pukul 05.00 ini merupakan awal berkumpulnya para mahasiswa baru sesuai dengan fakultas masing-masing.

Saat menanti acara selanjutnya, para mahasiswa baru mulai saling berinteraksi satu sama lain, hal tersebut merupakan salah satu tujuan diadakannya PKKMB untuk saling mengenai sesama mahasiswa baru. Tepat pukul 06.30 dilakukannya pengondisian para mahasiswa baru menuju lapangan GOR Velodrome untuk melangsungkan upacara Opening PKKMB. Dalam acara opening ini diawali dengan paper mob, yaitu para mahasiswa membentuk suatu gambar yang telah diarahkan oleh para panitia, kemudian dilanjut dengan parade pengenalan dekan-dekan fakultas yang berada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kemudian dilanjut dengan tarian dari Unit Kesenian Mahasiswa (UKM). Tarian tersebut merupakan tarian persembahan terhadap mahasiswa baru UNJ 2019.

Kemudian hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Mahasiswa Paduan Suara serta dilanjut dengan menyanyikan Mars UNJ serta sambutan-sambutan dari Ketua Forum Gedung G yaitu Fathur Nuansa Fajar, Ketua BEM UNJ 2019 yaitu Muhammad Abdul Basit, lalu sambutan dari Ketua Pelaksana PKKMB yaitu Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd., dan yang terakhir sambutan dari PLT Rektorat UNJ yaitu Prof. Intan Ahmad, Ph.D. Sambutan diakhiri dengan pemakaian almamater kepada perwakilan mahasiswa baru tiap-tiap fakultas sebagai tanda pembukaan kegiatan PKKMB serta pengesahan para mahasiswa baru.

Foto oleh Syntia

Suasana opening menjadi lebih meriah dengan pertunjukan yel-yel setiap fakultas. Kedelapan fakultas yang terdapat di UNJ saling menampilkan kehebatan yel-yel mereka. Acara selanjutnya yaitu senam bersama, senam bersama yang di lakukan oleh para mahasiswa baru dan dosen-dosen UNJ untuk  menambahkan kemeriahan Opening PKKMB 2019 ini. Dibawah teriknya matahari, para mahasiswa baru tetap semangat dan tidak merasa lelah. Kerja keras dan kerja sama antar panitia membuat Opening PKKMB menjadi sukses dan meriah dengan adanya Flash mob yang diiringi oleh perwakilan UKM yang menjadi akhir dari rangakain acara Opening PKKMB 2019 tahun ini. (NTA/DM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *