Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Kepada Mahasiswa Melalui Kuliah Umum Bank BTN

Jumat, 23 Agustus 2019 telah berlangsung kuliah umum oleh Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono, S.E., M.M., yang bertempat di Aula Latief, gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta. Tema yang diangkat pada kuliah umum ini adalah “Menumbuhkan Jiwa Entreprenuer Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara dimulai pukul 14.30 dengan masuknya jajaran petinggi Fakultas Ekonomi dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara Bapak Maryono, S.E., M.M., serta diiringi oleh empat duta UNJ yang berpakaian rapi layaknya abang dan none Jakarta.

Sebelum kuliah umum dimulai Wakil Rektor III memberikan sambutannya. Dalam sambutannya itu ia menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang telah diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur Utama Bank Tabungan Negara yang telah menyempatkan waktunya untuk mengisi kuliah umum tersebut.

Di awal kuliah umum Direktur Utama Bank Tabungan Negara tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru 2019 yang telah diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan juga harapannya agar mereka menjadi orang yang sukses. Lalu dilanjutkan dengan materi yang berjudul “Peran Bank BTN Dalam Mendukung Pengembangan Wirausaha Di Era Digital”. Maryono, S.E, M.M., mengatakan bahwa semakin pendek perubahan-perubahan yang dilakukan dari 100 tahun menjadi 90 tahun lalu, 80 tahun, 40 tahun, dan 20 tahun teknologi akan semakin cepat.

Manusia akan terus membuat inovasi-inovasi baru. Jika dulu kita berkomunikasi hanya dengan menggunakan telepon kabel tetapi sekarang sudah tidak lagi. Jika dulu kita melihat berita melalui televisi maka saat ini kita melihat youtube. Setiap langkah manusia mereka akan berfikir efisiensi. Direktur Utama Bank Tabungan Negara ini memberikan satu contoh dalam hal ini. “Saat ini jika kita membutuhkan sesuatu yang sulit didapat karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan jarak yang jauh untuk menjangkaunya, maka kita dapat memesan melalui aplikasi yang tersedia,” ujarnya.

Itu adalah salah satu contoh perubahan teknologi yang juga akan mempengaruhi perubahan perilaku kita masing-masing. Kita harus terus dapat menciptakan produk-produk baru dan berdasarkan kebutuhan konsumen. Salah satu peluang dari Revolusi Industri 4.0 adalah meningkatkan sumber daya manusia. Kita diharuskan memiliki kemampuan yang dibutuhkan pada industri 4.0.

Bank Tabungan Negara juga telah melakukan perubahan-perubahan. Dengan adanya perubahan-perubahan pada saat ini di era digital Bank Tabungan Negara juga meningkatkan layanannya. Sebagian besar kegiatan Bank Tabungan Negara dilakukan menggunakan alat digital atau elektronik. Bank Tabungan Negara tidak hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, tetapi juga terdapat di desa-desa. Bank Tabungan Negara memiliki banyak cabang sehingga dapat mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selain pemberian materi dari Direktur Utama Bank Tabungan Negara ada juga pemberian hadiah berupa lima buah sepeda. Hadiah diberikan kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Saat ini sendiri Bank Tabungan Negara telah berusia 70 Tahun. Bank Tabungan Negara telah memiliki banyak nasabah di Indonesia serta memberikan pelayangan terbaik pada setiap nasabahnya. (lRI/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *