PKKMB Ekonomi dan Administrasi FE UNJ 2019

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Ekonomi dan Administrasi FE UNJ 2019 dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 26, hingga 27 Agustus 2019. Di hari pertama, PKKMB EA acara dimulai pada pukul 05.30 yang bertempat di Gedung R.A. Kartini, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. Pada hari pertama ini, mahasiswa baru diberikan materi mengenai pengenalan program studi yang mereka pilih.
Acara PKKMB EA juga dihadiri oleh Prof. Dr. Syarifudin Tippe, M. Si. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Syarifudin Tippe, M. Si. menyampaikan agar semangat mahasiswa baru tetap terus ada dan mengingatkan mahasiswa baru untuk berlaku jujur serta membanggakan Universitas Negeri Jakarta.

Acara PKKMB EA diawali dengan pengenalan Koor Prodi beserta dosen prodi dan dilanjutkan dengan materi dikelas. Pemberian materi oleh dosen dibagi menjadi 4 sesi. Materi yang diberikan meliputi pengenalan program studi, peraturan akademik dan kurikulum prodi, informasi akademik dan non akademik. Pada materi pengenalan program studi membahas filosofi dan logo UNJ, visi misi UNJ, serta moto UNJ. Sejak 2019 moto UNJ yang sebelumnya menggunakan bahasa asing “Building Future Leaders” berubah menjadi menggunakan bahasa Indonesia seutuhnya “Mencerdaskan dan Memartabatkan Bangsa”. Selain itu, sesi ini juga membahas visi misi dan moto FE UNJ serta moto masing-masing prodi yang merujuk pada moto FE UNJ. Moto FE UNJ sendiri adalah “Cerdas Berkarakter dan Bermartabat”.

Dalam materi peraturan akademik dan kurikulum prodi, hal yang dibahas mengenai registrasi akademik, pengisian krs, pertemuan kuliah, praktikum, tata tertib, beban dan lama studi. “Cara pembelajaran saat di SMA dengan di kuliah sangat berbeda. Saat sudah menjadi mahasiswa atau mahasiswi sudah berbeda, dengan kemandirian dan kemauan dari diri sendiri yang akan menunjukkan kesuksesan kalian” ujar Munawaroh, SE., M.Si. ketika menyampainkan materi.

Pada materi informasi akademik dan non akademik membahas mengenai sistem penilaian baik dari absen, kuis, uts, serta uas. Selain itu juga terdapat standar akademik seperti pengambilan SKS per semester, pengenalan pembimbing akademik, standar nilai, pengambilan cuti dan lain-lain. Setelah pemberian materi oleh dosen, acara berpindah ke Aula Daksinapati. Di aula mahasiswa baru menampilkan yel-yel masing-masing prodi. Penampilan yel-yel yang dipimpin oleh Kapten EA. Hal ini dapat meningkatkan semangat seluruh mahasiswa baru EA 2019. Selain itu juga dilaksanakan kapita selekta panitia PKKMB serta sosialisas Explore.

Di hari kedua antusias tinggi ditunjukkan oleh mahasiswa baru dengan hadir sejak pagi. Mahasiswa baru menyaksikan talkshow dengan tema “Menjadi Mahasiswa Berkarakter Visioner” dan talkshow kedua dengan tema “Generasi Milineal Berwawasan Global”. Talkshow tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan semangat serta memotivasi mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang unggul dan berprestasi. (lRI/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *