Serba-Serbi Perlombaan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-74

Sabtu, 17 Agustus 2019 menjadi hari yang dinantikan oleh semua warga Indonesia, gegap gempita menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun. Seluruh masyarakat di berbagai daerah Indonesia maupun WNI yang berada di luar negeri semua larut dalam suka cita kemerdekaan. Berbagai acara dan lomba dapat dijumpai segala penjuru nusantara demi memeriahkan HUT Republik Indonesia.

“Perlombaan Tujuh Belasan atau Lomba Agustusan” begitu biasa orang menyebutnya, tidak heran seluruh lapisan masyarakat baik tingkat provinsi, kota, kabupaten, kecamatan hingga tingkat RT/RW maupun lembaga organisasi semua ikut dalam perlombaan tersebut, lomba yang diadakan pun beragam. Berikut macam-macam lomba yang identik dalam perlombaan kemerdekaan Indonesia :

1. Lomba Balap Karung

Foto: Google.com

Lomba balap karung mungkin menjadi lomba yang biasa diadakan dari tahun ke tahun tetapi semakin kesini lomba balap karung telah mengalami “pembaruan” yang bisa dibilang anti mainstream, yaitu dengan penambahan pemakaian helm pada peserta lomba, hal ini cukup mengocok perut karena terlihat lucu saat lomba ini telah dimulai.

2. Lomba Estafet Air, Kelereng, Karet, dll.

Untuk lomba yang satu ini juga tak kalah menarik walaupun dalam berbagai kegiatan lomba ini biasa dimainkan tetap saja masih pantas untuk memeriahkan HUT Indonesia yang ke-74 tahun. Lomba estafet ini biasanya dilakukan beregu yang terdiri dari beberapa orang, medianya pun beragam sesuai bahan estafet biasanya ada yang menggunalan sendok (kelereng), piring (air/tepung), sedotan (karet gelang), dll.

3. Lomba Makan Kerupuk


Biasanya para peserta berlomba menghabiskan kerupuk yang telah digantung, cara makannya pun langsung menggunakan mulut dan tangan diikat ke belakang. Namun dalam perubahannya, lomba makan kerupuk juga mengalami inovasi, yaitu dengan tali yang ikut diikatkan ke pergelangan kaki sehingga menambah kesulitan dalam menghabiskan kerupuk tersebut.

4. Lomba Panjat Pinang


Lomba yang satu ini dibutuhkan kekuatan dan kekompakan dari tim yang terdiri dari beberapa orang untuk mencapai ujung untuk mendapatkan hadiah pada pohon, bambu, atau kayu yang menjulang tinggi.

Itulah lomba-lomba yang sangat identik dengan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, terlepas dari lomba tujuh belasan tersebut yang utama adalah bagaimana kita menanamkan nilai-nilai kemerdekaan untuk dijadikan motivasi kita dalam mencapai prestasi-prestasi yang membanggakan orang tua maupun Indonesia sesuai dengan tema HUT Indonesia yang ke-74 di tahun ini, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju” dengan harapan unggulnya SDM dapat memajukan kesejahteraan Indonesia di tengah persaingan global yang penuh disrupsi. (CDF/MN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *