Kadal 144 : 4 Soft Skills yang Harus Dikembangkan Kaum Milenial Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Penelitian yang dilakukan oleh Deloitte pada tahun 2018 terungkap sebuah fakta bahwa adanya kesenjangan keterampilan yang terjadi di dunia kerja yang merupakan salah satu akibat dari minimnya soft skill yang dimiliki generasi milenial. Hal ini berarti masih minimnya kesadaran unntuk melatih soft skill sejak dini.

Untuk itu perlu adanya pengembangan kemampuan bagi para milenial agar mereka dapat terjun ke dalam dunia kerja dengan baik. Lantas, soft skill apa saja yang penting untuk dimiliki milenial agar dapat sukses menjadi profesional muda?1. Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Keterampilan ini menjadi salah satu keterampilan yang paling penting, akan tetapi keterampilan ini sering kali terabaikan ketika orang tua mendidik anaknya. Anak hanya diajarkan bagaimana cara menjadi lebih sopan terhadap orang yang lebih tua ataupun orang sekitarnya, hanya sedikit yang akhirnya mengajari anaknya untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Lalu bagaimana cara untuk dapat berkomunikasi dengan baik?
Cara mendapatkan soft skill ini dapat kamu mulai dengan cukup menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan pada apa yang sedang dibicarakan. Dengan belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka kamu juga akan dapat belajar berbicara dengan baik, ketika dua-duanya telah kamu kuasai barulah kamu akan dapat menjadi komunikator yang baik dan jangan lupa berikan feedback ketika berkomunikasi dengan orang lain.

2. Percaya Diri
Secara umum, percaya diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Orang yang percaya diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif, dan optimis terhadap masa depan, mampu menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri, berpikir positif, menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya.
Banyak cara untuk melatih rasa percaya diri, seperti selalu mempersiapkan sesuatu dengan matang, memperluas wawasan dengan membaca buku, memperbaiki penampilan, dan juga mampu mengidentifikasi kelebihan/skill yang kamu punya.

3. Berpikir Kritis
Secara sederhana, berpikir kritis dapat digambarkan sebagai proses mengevaluasi informasi untuk membuat keputusan atau solusi yang tepat. Kamu bisa melatih soft skill yang satu ini dengan dua hal, yang pertama adalah membaca buku dan yang kedua adalah melalui debat dan diskusi. Kedua kegiatan ini sangat membantu kamu mengembangkan soft skill berpikir kritis. Membaca dapat membantu kamu dalam mengenal lebih banyak kosa kata, membuka wawasan, dan juga memperdalam pembelajaran tentang berbagai topik. Selain itu, kamu juga dapat melatih cara berpikir yang lebih sederhana yaitu selalu menganalisis setiap kejadian yang tengah terjadi dan selalu bertanya dalam diri sendiri mengapa hal itu terjadi, setelah itu kamu bisa mencari tahu secara fakta dan sandingkan dengan apa yang dilihat sebelumnya.

4. Inovatif dan Kreatif
Kemampuan ini sangat erat berkaitan dan sangat wajib dimiliki seorang profesional muda. Rasa ingin tahu adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi. Selain itu, ketiga soft skill ini juga sangat berguna dalam hal penyelesaian masalah. Ketika kamu menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuat kamu tidak berhenti mencari sumber permasalahan tersebut hingga berhasil mendapatkannya.
Ketika kamu sudah mengetahui sumber masalahnya, kamu harus memikirkan solusi yang tepat dan efisien untuk dapat menyelesaikannya. Kreativitas dan inovasi akan sangat membantu kamu untuk mencari solusi paling efisien untuk masalah yang sedang kamu hadapi.

Itulah empat soft skill yang paling penting untuk millenialis kuasai, di samping keempat kemampuan itu terdapat banyak sekali kemampuan-kemampuan yang menunggu untuk di eksplorasi dan dipelajari.

Research and Development by :
– Adis Himawan
– Fahmi Ardiansyah
Edited by Maria Nathania

Source:
https://www.inc.com/scott-mautz/new-deloitte-study-of-10455-millennials-says-employers-are-failing-to-help-young-people-develop-4-crucial-skills.html

10 Soft Skill yang Perlu Dimiliki oleh Semua Profesional Muda


https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/global/Documents/About-Deloitte/gx-2018-millennial-survey-report.pdf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *