PKM Kopontren Daarul Rahman Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan melalui Kewirausahaan Syariah berbasis Smartphone

PKM Kopontren Daarul Rahman Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan melalui Kewirausahaan Syariah berbasis Smartphone

OLEH

Yunika Murdayanti, M,Si, M.Ak

Susi Indriani, M.SAk

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta melaksanakan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para pengelola koperasi dan guru yang memiliki kewenangan atau bertransaksi di koperasi pesantren Daarul Rahman Jakarta Selatan. Pesantren Daarul Rahman sendiri adalah pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1975 di tengah kawasan bisnis kota metropolitan Jakarta, dengan  luas areal kurang lebih 3.000 meter persegi  pindah lokasi  ke  Jalan Muhammad Kahfi II Kavling DKI Jagakarsa Jakarta Selatan dengan luas sepuluh kali lipat dari lokasi sebelumnya di Jalan Senopati. Pesantren ini juga pernah dihadiri oleh Kemenkop (Asdep Pengembangan Kewirausahaan Kemenkop dan UKM) yang bertujuan mendorong santri untuk belajar dan memulai jadi wirausaha, pada acara Musyawarah Besar ke IX PP IKDAR ( Ikatan Keluarga Alumni Daarul Rahman).

Sebagai perwujudan dari pemberdayaan ekonomi, banyak pesantren yang telah mendirikan koperasi pondok pesantren (kopontren). Eksistensi Koperasi Pondok pesantren dapat ditinjau melalui tiga dimensi yaitu sebagai pendukung mekanisme kehidupan ekonomi Pondok pesantren, sebagai pembinaan kader koperasi pedesaan dan sebagai stimulator sosio-ekonomi masyarakat desa di sekitar Ponpes. Dewasa ini, Kopontren telah berkembang dan menjadi semacam representasi lembaga ekonomi santri yang diinisiasi secara bottom up dengan ciri kemandirian yang khas.

Ditemukannya berbagai kenadala pada kopontren Daarul Rahman ini dikarenakan manajemen pengelolaan yang masih rendah, rendahnya pengetahuan pendidikan kewirausahaan serta ditemukannya jumlah yang tidak sama setiap dilakukannya perhitungan persediaan barang koperasi sehingga mengakibatkan jumlah penerimaan dan pengeluaran koperasi tidak seimbang. Dalam mengatasi hal tersebut, maka para tim pengabdian kepada masyarakat dari FE UNJ melakukan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu hari jumat sampai dengan hari minggu, tanggal 23 – 25 agustus 2019 bertempatkan di lokasi Kopontren Daarul Rahman. Adapun materi tersebut berisikan :

Hari 1 : Pengenalan pengelolaan keuangan kewirausahaan syariah dan akuntansi persediaan

Hari 2 : Akuntansi Persediaan dan Laporan Keuangan Syariah dalam Praktek Program Komputer dengan Microsoft Excell

Hari 3 : Akuntansi Persediaan dan Laporan Persediaan dalam Praktek Aplikasi berbasis Smartphone

Pada pelaksanaan pelatihan hari 1, pelatihan lebih memfokuskan kepada pengertian pentingnya persediaan dan laporan yang wajib dibuat sesuai standar keuangan. Kemudian pelatihan mengenai aplikasi pertama yang dilaksanakan pada hari kedua adalah aplikasi program komputer menggunakan Ms Excell. Excel yang merupakan salah satu program perghitungan yang dapat dipergunakan oleh koperasi sebagai salah satu aplikasi untuk membuat pencatatan transaksi dalam usahanya. Pada aplikasi ini juga menghasilkan laporan – laporan yang dibutuhkan seperti laporan persediaan, Laporan Laba / Rugi dan Laporan Posisi Keuangan.

Hari ketiga pelatihan merupakan pelatihan yang memfokuskan pada penggunaan android untuk mempermudah pencatatan keuangan dalam hal transaksi masuk dan transaksi keluar pada persediaan barang dagang koperasi. Aplikasi android ini atau smartphone sudah terdaftar di google playstore yang bertujuan memudahkan para pengguna siapa pun pengelola koperasi dapat download atau mengunduh aplikasi ini sehingga memudahkan dalam melakukan perhitungan stok persediaan.

Selama proses pelatihan berlangsung para peserta menunjukan antusisme yang sangat baik, yang ditunjukan dengan banyak peserta pelatihan yang berpartisipasi di sesi tanya jawab, dan aktifnya diskusi yang berlangsung selama tanya jawab tersebut. Peserta menyampaikan agar pelatihan serupa dapat dilaksanakan kembali. Dengan materi pelatihan yang dilengkapi dengan menerapkan sistem pencatatan persediaan dan pelaporan keuangan melalui aplikasi program komputer dan smartphone ini yang dirancang sesuai kebutuhan user dan diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhkan standar pengelolaan sistem informasi koperasi pesantren.

Foto Hari Pertama
Foto Hari Kedua
Foto Hari Ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *