PRESS RELEASE : Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

PRESS RELEASE

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Jakarta

 2019

Terhitung kurang lebih 2 bulan dalam pelaksanaan kegiatan PKM FE UNJ 2019 di SMK Negeri 51 Jakarta Timur, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Dimulai dari rapat para panitia sebelum hari H dan pelaksanaan selama 3 hari di SMK Negeri 51 Jakarta Timur. Sebelum pelaksanaan panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti merancang materi, merancang rundown, menyiapkan modul dan souvenir, dan beberapa teknis yang akan berjalan selama hari H berlangsung.

Hari pertama dilaksanakan pada Kamis, tanggal 8 Agustus 2019. Pembukaan registrasi peserta dari pukul 07.30 – 08.00 WIB. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Seluruh panitia telah menyiapkan absensi, peralatan tulis dan snack untuk para peserta yang berdatangan, lalu dimulai dengan pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, sambutan dari ketua MGMP Jakarta Timur, Kepala Sekola SMK 51 Jakarta Timur dan perwakilan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selanjutnya pemateri pertama disampaikan oleh Ibu Indah Mulyasari, SE, M.Ak dengan memaparkan materi mengenai Gambaran Umum Anggaran. Materi pertama belangsung hingga pukul 10.15 WIB dan peserta diberi waktu istirahat hingga pukul 10.30 WIB. Dilanjutkan kembali dengan materi kedua yaitu materi Anggaran Negara yang disampaikan oleh Bapak Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak, penyampaian materi kedua hingga pukul 11.45 WIB. Panitia membagikan makan siang untuk peserta dan diberikan waktu untuk istirahat, shalat dan makan hingga pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan Workshop Anggaran Negara dan pembahasan kasus hingga pukul 15.00 WIB. Dan di akhir kegiatan di hari pertama ditutup dengan foto bersama dengan Bapak Fauzi, S.Pd., M.Ak.

Hari kedua dilaksanakan pada Jumat, tanggal 9 Agustus 2019. Pembukaan registrasi peserta dimulai dari pukul 07.30 – 08.00 WIB. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Materi Pengelolaan Keuangan Daerah yang disampaikan oleh Ibu Nuramalia Hasanah, S.E, M.Ak hingga pukul 09.45 WIB, dan peserta diberi waktu istirahat hingga pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Pengelolaan Keuangan  Daerah dan Latihan Soal oleh pemateri yang sama hingga pukul 11.30 WIB. Panitia membagikan makan siang untuk para peserta dan untuk Bapak-bapak diperkenankan terlebih dahulu untuk melaksanakan Shalat Jumat. Istirahat,shalat dan makan diberi waktu hingga pukul 13.00 WIB setelah dilanjutkan dengan pembahasan soal dan Pengelolaan Keuangan Desa hingga pukul 15.00 WIB.

Hari terakhir dilaksanakan pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Pembukaan registrasi peserta dimulai dari pukul 07.30 – 08.00 WIB. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta diperkenalkan dengan software Siskeudas dalam Workshop Keuangan Desa. Disana peserta diajarkan mulai dari cara menginstallkan software hingga dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran nantinya. Workshop dilaksanakan hingga pukul 10.30 WIB. Diakhir penutupan dengan pemberian ucapan terima kasih oleh Ketua MGMP Jakarta Timur, Perwakilan SMK Negeri 51 Jakarta Timur dan Universitas Negeri Jakarta kepada peserta. Untuk dapat menjadi kenangan yang bermanfaat maka semua panitia, narasumber dan peserta berfoto bersama.

Penyampaian Materi
Penyampaian Materi
Penyampaian Materi oleh Narasumber
Penyampaian Materi oleh Narasumber
Pelatihan Siskeudas
Foto Bersama dengan Beberapa Peserta
Foto Bersama dengan Peserta

Foto Bersama Panitia UNJ dan SMKN 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *