Kemeriahan Seminar Perdana Oleh Badan Perwakilan Mahasiswa FE UNJ

Foto oleh Anggi

Rabu, 9 Oktober 2019 Badan Perwakilan Lembaga Legislatif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan acara perdana mereka, yaitu Seminar Legislatif 2019 dengan mengangkat tema “Millenials Skeptis Legislatif?” yang bertempatan di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika, Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Acara ini merupakan acara perdana atau pertama kalinya bagi Lembaga Legislatif Mahasiswa FE. Acara ini merupakan acara edukasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan legislatif dan sedikit membuka wawasan mengenai dunia legislatif yang baik dan benar itu seperti apa.

“Acara ini bertujuan untuk melakukan edukasi kepada teman-teman mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, karena isu yang beredar pada akhir-akhir ini sangat krusial untuk dibahas terutama dalam dunia legislatif. Kita ingin mengajak teman-teman untuk belajar apa dan bagaimana dunia legislatif yang baik dan benar itu. Kemudian supaya mereka bisa mengontrol mengenai isu-isu yang sedang beredar di kalangan masyarakat,” ujar Novan Yonata Senatu selaku Ketua Pelaksana Acara Seminar Legislatif 2019.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjut dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana acara ini, yaitu Novan Yonata Selatu, sambutan dari Ketua BPM FE UNJ Naufal Ihsan, lalu sambutan dari perwakilan dosen yaitu Dr. Osly Usman, M.Bus., lalu diisi oleh materi-materi dari pembicara terhebat. Pemberian materi ini terbagi menjadi empat sesi, sesi pertama pemberian materi oleh Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H, M.Si., beliau merupakan salah satu anggota DPD RI. Kemudian dilanjut sesi kedua pemberian materi oleh Dr.PHIL. Aditya Perdana, S.Ip, M.Si., yang merupakan Direktur Puskapol Universitas Indonesia. Lalu, pemberian materi oleh Harishmawan Heryadi, S.Ip., beliau adalah Asistan Editor Pinterpolitik.com. lalu setelah pemberian ketiga materi tersebut, para peserta dihibur dengan penampilan dari MIKART FE. Setelah penampilan dari MIKART dilanjut dengan sesi terakhir atau keempat oleh Syafuan Rozi, S.Ip, M.Si., beliau merupakan anggota dari Pusat Penelitian Politik LIPI.
Para panita bersemangat dalam mempersiapkan acara ini. Walaupun sedikit banyak kendala dalam mempersiapkan acara tersebut, tetapi mereka tidak putus semangat untuk menyukseskan acara seminar ini.

Foto oleh Anggi

“Panitia mempersiapkan acara ini bisa dibilang cukup keren karena persiapan kita untuk acara ini berjalan kurang lebih 3 bulan. Kita melakukan CFD, pencarian dana ke para Sponsorship, dan lain-lain. Serta kita juga beberapa kali mengadakan Rakbar (Rapat Akbar) panitia untuk memantapkan acara seminar ini,” ujar Novan.

“Saya pribadi cukup bangga dengan antusias para panitia yang berpartisipasi dalam acara ini, seperti yang kita ketahui juga ini merupakan organisasi legislatif dan acara seminar ini juga pertama kalinya bagi lembaga kami.

Harapan saya untuk acara seminar legislatif ke depannya bisa memberikan tema yang benar-benar sedang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat, lalu bisa mengundang langsung Ketua DPR RI-nya langsung. Semoga bisa lebih baik lagi dari sisi dan aspeknya,” lanjut Novan. (NTA/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *