Puncak Acara GREAT 6th

Telah berlangsung seminar GREAT 6th EconoChannel FE UNJ yang bertempat di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta pada 27 November 2019. GREAT EconoChannel adalah acara tahunan yang diadakan oleh lembaga pers FE UNJ sejak 2014. Pada tahun ke-6 ini, seminar GREAT mengangkat tema “Evolusi Jurnalistik : Cepat atau Akurat?” dengan 2 narasumber di bidang jurnalistik, yaitu Djati Darma dan Trivet Sembel.

Foto oleh HPD Great

Materi pertama dibawakan oleh Djati Darma yang namanya sudah tidak asing lagi di bidang jurnalistik. Materi yang dibawakan oleh News Presenter Liputan 6 SCTV tersebut membahas mengenai tantangan Revolusi 4.0. Djati Darma mengatakan bahwa revolusi saat ini berbasis internet. Semua hal-hal yang dilakukan saat ini membutuhkan internet. Tantangan pertama dari Revolusi Industri 4.0 adalah harus adanya ide kreatif. Dalam pemaparan materinya tersebut, beliau memperlihatkan beberapa cuplikan video dari Liputan 6. Tantangan kedua dari revolusi industri 4.0 adalah hoax. Beliau mengatakan ada 5 saluran penyebaran hoax, yaitu situs web, televisi, media cetak, email, dan radio. Tetapi tahukah kalian, bahwa situs web merupakan saluran penyebaran hoax terbesar menurut hasil survei masyarakat. Dalam mencari tahu apakah hal tersebut hoax atau real, beliau menyarankan untuk membaca dari berbagai sumber terpercaya ataupun bertanya pada ahlinya.

Foto oleh HPD Great

Berbeda dengan sesi pertama, di mana Djati Darma menyampaikan materi yang dapat meningkatkan pengetahuan, pada sesi kedua ini dilakukan talkshow yang dapat menginspirasi dengan menghadirkan Trivet Sembel yang merupakan Founder and CEO at Proud Media. Trivet Sembel berbagi cerita mengenai perjalanan awal karirnya di bidang jurnalistik. Trivet Sembel juga menceritakan pengalaman-pengalaman kegagalannya dan bagaimana beliau bisa bangkit dari kegagalan tersebut. Pada salah satu pertanyaan peserta seminar mengapa  Proud project lebih memilih membuat suatu hal yang berbeda dan tidak mengikuti media-media gosip yang sedang heboh saat ini. Trivet menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan kutipan quotes dari Seth Godin yaitu “Sedikit berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik”. Di akhir sesi talkshow mengajak para peserta bermain game bersama.

Foto oleh HPD Great

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba GREAT6th serta foto bersama. Tahun ini GREAT 6th mengadakan 4 lomba di bidang jurnalis yaitu Artikel Opini, Foto Essai, Poster, dan lomba IGTV yang pertama kalinya dilaksanakan pada tahun ini. Berikut juara GREAT 6th; Juara 1 artikel opini diraih oleh Sukiman dari Universitas Negeri Jakarta, Juara 1 Foto Essai diraih oleh Adi Cahyono, Juara 1 poster diraih oleh Fikri Reskiansyah dari Universitas Budi Luhur, Juara 1 IGTV diraih oleh Fadhil Firmansyah.
(LRI/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *