Indonesia Sabet Gelar All England

Foto oleh : PBSI

Jakarta – Merebaknya COVID-19 tak membuat penyelenggaraan turnamen tertua bulu tangkis, Yonex All England 2020, terhenti. Turnamen yang memiliki level super 1000 itu sukses dihelat hingga babak final. Indonesia pun turut mengirim wakilnya ke babak final pada 15 Maret 2020 melalui partai ganda putra dan ganda campuran.

Partai ganda campuran mempertemukan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang datang sebagai unggulan ke-5, melawan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) sebagai unggulan ke-3. Praveen/Melati pun harus melalui pertarungan sengit dalam tiga gim. Meski pertandingan harus berjalan rubber game, Praveen/Melati menyabet gelar juara dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8.

Foto oleh : PBSI

Gelar ini menjadi gelar ke-3 Praveen/Melati sebagai pasangan ganda campuran. Tak hanya gelar ke-3, pertandingan Yonex All England 2020 menjadi gelar tertinggi untuk keduanya. Sedangkan bagi Praveen, menjuarai Yonex All England 2020 merupakan prestasi keduanya setelah yang pertama saat berpasangan dengan Debby Susanto di tahun 2016.

Satu lagi wakil Indonesia yang bertanding di final adalah ganda putra ranking 1, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. The Minions (sapaan penggemar untuk Marcus/Kevin) harus berhadapan dengan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang). Dalam 7 pertemuan terakhir, rekor pertemuan kedua pasangan dimenangkan oleh pasangan Jepang, yakni 5-2.

Foto oleh : PBSI

The Minions yang menelan 3 kekalahan dari Endo/Yuta harus menelan kekalahan lainnya pada babak final Yonex All England 2020 di Arena Birmingham. Melalui pertandingan yang cukup melelahkan, The Minions harus bermain rubber game dengan skor 18-21, 21-12, dan 19-21. Dengan ini, maka rekor pertemuan kedua pasangan menjadi 6-2 untuk kemenangan pasangan Jepang. Sandangan gelar sebagai runner-up pun harus diterima oleh The Minions yang sebelumnya berhasil menjuarai ajang yang sama di tahun 2017 dan 2018. Selamat kepada wakil Indonesia! (DHZ/DK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *