KEGIATAN RESEARCH BOOTHCAMP FE UNJ 2020

Pada Februari 2020, Fakultas Ekonomi (FE) UNJ mengadakan pelatihan research boothcamp bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan karya akhirnya baik karya ilmiah, skripsi, maupun tesis. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung RA Kartini, Kampus A, UNJ. Kegiatan ini diiniasi oleh Bapak Usep Suhud selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan didukung oleh beberapa dosen FE UNJ sebagai instruktur pelatihan (Bapak Usep Suhud, Bapak Christian Wiradendi Wolor, Bapak Aditya Pratama, Ibu Hera Khairunnisa, Ibu Siti Fatimah Zahrah, Ibu Nadya F, Ibu Sholatia, Ibu Destria, Ibu Terrylina A, Ibu Rahmi, Ibu Rizki Firdausi, Ibu Hafifah Nasution, Ibu Ika, dan Ibu Dwi Handarini).

Adapun peserta kegiatan pelatihan yaitu mahasiswa tingkat akhir pada Magister Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, S-1 Manajemen, S-1 Pendidikan Bisnis, D-III Akuntansi, D-III Administrasi Perkantoran, dan D-III Manajemen Pemasaran. Kegitan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi peningkatan kemampuan dasar penelitian bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan karya akhirnya. Adapun topik-topik bahasan dalam pelatihan ini adalah penggunaak aplikasi penunjang penulisan karya akhir, penggunaan Ms. Office Word, pencarian sumber pustaka ilmiah, dan melakukan parafrase untuk menghindari dari plagiasi dalam penulisan karya akhirnya.

Pelatihan penggunaan Ms. Office Word difokuskan dalam pemberian kemampuan dalam membuat halaman secara otomatis, membuat daftar lampiran, tabel, dan gambar secara otomatis, dan berbagai teknik lainnya. Pelatihan mengakses sumber pustaka ilmiah tefokus untuk memberi pengetahuan mahasiswa dalam mengakses jurnal melalui jurnal terakreditasi Sinta, akses jurnal melalui google scholar, emerald.com, dan sebagainya. Pelatihan terkait parafrase ini terfokus pada cara membuat parafrase dari jurnal rujukan dan memberikan informasi terkait software tidak berbayar untuk uji kemiripan. Pelatihan aplikasi Mendeley terfokus pada cara mengunduh Mendeley, pemakaian Mendeley dalam sitasi, serta membuat daftar pustaka otomatis.

Peserta – peserta pelatihan menyambut kegiatan ini dengan penuh antusias. Pelatihan ini sangat berguna untuk peningkatan kemampuan penelitian dasar. Diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan karya akhir yang berkualitas. Tentunya karya akhir tersebut disusun dengan standar yang ada dan menggunakan sumber referensi yang berkualitas. Kegiatan ini juga bermanfaat agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang cara melakukan parafrase. Hal ini sangat penting agar mahasiswa dapat terhindar dari indikasi plagiasi. Setelah mengikuti kegiatan ini sesuai dengan jadwal programn studi masing-masing, mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan tugas yang berkaitan dengan materi yang telah dilaksanakan pada pelatihan tersebut. Setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa juga berhak untuk mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi salah satu pelengkap SKPI. Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung dari tahun ke tahun secara berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas karya akhir mahasiswa.(Hera Khairunnisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *