Yuk, Mulai Hidup Sehat!

Jakarta – Merebaknya COVID-19 (Coronavirus disease) membuat gempar masyarakat dunia. Bagaimana tidak, penyebaran yang cepat membuat masyarakat seakan mengurung diri dari dunia luar. Terutama di Jakarta, Indonesia, yang sejak Senin (2/3) sudah ada pasien positif COVID-19 dan tengah menjalani perawatan instensif di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso.

Illustrator oleh : EconoChannel

Maka dari itu, kita harus lebih menjaga kesehatan tubuh dan memulai pola hidup sehat. Apa saja ya yang dapat kita lakukan sebagai tindak preventif?

1. Cuci tangan dengan sabun secara berkala. Tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang memudahkan penularan untuk virus ini, salah satunya melalui alat atau benda yang dipakai secara bersamaan (tombol lift, pintu, jabat tangan, dan lainnya). Maka dari itu, dengan mencuci tangan secara berkala dengan teknik yang tepat akan mengurangi penyebaran virus.

2. Konsumsi makanan yang sudah diolah dengan baik, terutama yang mengandung gizi seimbang. Makanan yang kita makan akan berdampak pada kesehatan tubuh, jika makanan belum diolah secara sempurna maka tidak berdampak baik untuk tubuh.

3. Berolahraga dan istirahat yang cukup. Jika sudah cuci tangan secara berkala dan diiringi konsumsi makanan bergizi, maka perlu diimbangi dengan berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Tak hanya itu, istirahat yang berkualitas juga perlu diperhatikan.

4. Gunakanlah masker penutup mulut jika flu dan batuk. Penggunaan masker akan mengurangi penyebaran virus dari yang terkena ke yang tidak terkena. Cara menggunakannya juga yang tepat ya, EClicious!

5. Hindari tempat keramaian, karena kita tidak pernah tahu siapa saja yang sakit dan siapa saja yang tidak. Dengan menghindari tempat keramaian, maka akan memperkecil penyebaran virus.

Beberapa hal di atas dapat menjadi kegiatan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada gejala, segera hubungi kontak yang sudah disediakan oleh dinas kesehatan setempat ya. Yuk sama-sama menjaga kesehatan diri sendiri maupun kerabat dekat!(DHZ/ASA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *