Memaksimalkan Waktu Agar Lebih Produktif di Tengah Wabah COVID-19

COVID-19 yang disebabkan virus korona SARS-CoV-2 telah menyebar ke seluruh dunia. Dampaknya, sebagian besar aktivitas diberhentikan sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Sekolah, kantor, pasar, dan tempat keramaian lain hampir tak ada aktivitas. Pemerintah juga sudah mengimbau kepada masyarakat agar tetap social distancing dan bekerja dari rumah serta hidup lebih sehat di rumah bersama keluarga. Hal yang paling penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik, tidak mengalami gangguan. Hendaknya saat di rumah, kita melakukan berbagai macam aktivitas agar lebih produktif. Seluruh masyarakat harus tetap menjaga kesehatan tubuh, menjaga imunitas tubuh, dan mengonsumsi makanan yang bergizi di rumah bersama keluarga. Pada saat di rumah saja, pasti akan membuat rasa bosan. Hal itu memang wajar, karena yang biasanya kita melakukan aktivitas di luar rumah seperti hangout bersama teman, bekerja di kantor, kuliah, sekolah, belanja, pergi ke mal, nonton bioskop, dan lain-lain harus ditunda sementara sesuai arahan pemerintah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan waktu agar lebih produktif selama di rumah saja:

1. Isi waktu luang bersama keluarga
Tentu saja, sebelum adanya pandemi virus korona ini masing-masing anggota keluarga sangatlah sibuk dan beberapa orang tua akan sibuk bekerja sampai tidak ada waktu untuk bersama keluarganya. Nah, manfaatkan peluang di tengah wabah COVID-19 ini untuk kumpul bersama keluarga. Misalnya dengan menonton film bersama keluarga dan jadikan memasak dan makan menjadi bagian yang menyenangkan dari rutinitas keluarga.

2. Mengerjakan tugas
Bagi sebagian mahasiswa akan berpikir bahwa tugas yang diberikan oleh dosen melebihi batas yang sebenarnya. Maka dari itu, sudah diterapkan pembelajaran jarak jauh yang harus stay di laptop dan gadget. Tugas yang menumpuk membuat para mahasiswa depresi, tapi percayalah dengan adanya tugas membuat waktu kita terpakai lebih produktif dan membantu memutus mata rantai virus korona ini. Depresi, lelah, dan mengeluh wajar sekali dirasakan oleh sebagian besar mahasiswa, tapi kalian bisa mengiringi mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik, memakan camilan dan ketika otak sudah lelah boleh distabilkan dengan menonton film, menonton drama Korea, atau bisa juga dengan bermain gim.

3. Berolahraga
Saat social distancing, kita diimbau untuk tidak keluar rumah jika bukan karena hal penting. Maka dari itu, kita bisa melakukan kegiatan olahraga di dalam rumah. Dengan berolahraga, tubuh kita dapat terjaga imunitasnya dan terlihat lebih sehat, serta bugar. Lakukanlah olahraga ringan, seperti lari di tempat, push up, sit up, dan lainnya. Jadi olahraga selain dapat menjaga kesehatan ini membantu untuk lebih produktif dan tidak bosan walapun di rumah saja.

4. Memasak
Memasak juga menjadi salah satu pilihan yang tepat saat social distancing. Meski memasak adalah kegiatan yang sangat umum untuk dilakukan, tetapi tidak ada salahnya jika kita memasak untuk disajikan kepada keluarga. Selain itu, kita bisa melakukan berbagai eksperimen untuk mengolah makanan yang sehat dan bergizi di tengah wabah COVID-19 ini.

5. Merawat Diri
Walapun tidak keluar rumah, tetap saja harus merawat diri agar kulit kita tetap sehat dan bersih. Selain itu, merawat diri juga dapat menghilangkan rasa bosan di kala social distancing. Kita bisa melakukan perawatan diri dengan berbagai macam cara, misalnya menggunakan rangkaian skincare agar kulit terlihat lebih kencang, dan sehat.

Sekian cara-cara yang dapat dilakukan supaya kita tidak bosan menjalankan aktivitas di rumah selama adanya COVID-19 ini. Tetap jaga kesehatan dan produktif sobat EClicious! (SFI/ASA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *