Kadal 154 : Benarkah Makan Cokelat Setelah Makan Mi Bisa Meninggal?

Broadcast mengenai bahaya memakan cokelat usai mengonsumsi mi masih banyak beredar. Terlebih lagi, bahasa yang digunakan saat menyampaikan informasi tersebut dibuat dengan bahasa yang terlihat sangat ilmiah dan meyakinkan. Pesan pun semakin mencemaskan karena seorang wanita diklaim menjadi korban dari hal itu.

“Mi itu mengandung ‘Arsenic Pentoxide’ (As2O5) & berhubung habis makan mi wanita itu makan cokelat. Terjadilah “Reaksi Kimia” di dalam perut yang membuat ‘Arsenic Pentoxide’ (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun,” dikutip dari cuplikan pesan berantai tersebut. Lalu, seperti apa sih faktanya?

Melalui keterangan resmi dalam laman Pom.go.id, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa kabar mengenai bahaya kandungan arsenik pada mi instan adalah hoaks.

Reaksi kimia yang terjadi karena percampuran antara cokelat dan mi instan di dalam perut pun dinyatakan tidak terbukti. BPOM tidak akan memberikan izin edar bagi produk makanan yang mengandung kadar arsenik tinggi dan beracun.

Melalui laman resminya, situs Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut kabar tersebut adalah hoaks. Hal ini diketahui setelah melakukan pengujian laboratorium, yaitu tidak ditemukan adanya kandungan arsenik atau racun lainnya, serta produk mi instan yang memiliki izin edar BPOM aman untuk dikonsumsi.

Seorang ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, MND, turut menegaskan bahwa informasi mengenai bahaya makan cokelat setelah makan mi yang dapat memicu keracunan bahkan sampai meninggal mendadak merupakan informasi yang tidak benar. Menurutnya, efek samping yang timbul justru lebih mengarah pada obesitas. Sebab, mi maupun cokelat diketahui memiliki kalori yang cukup tinggi.

Research and Development by Diah Nuraini

Edited by Adelia Wahyu Setyaningsih

Source :

https://www.suara.com/health/2019/03/19/144451/makan-cokelat-setelah-mie-goreng-bikin-meninggal-hoaks-atau-fakta

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4077859/makan-cokelat-setelah-mi-bisa-jadi-racun-mematikan-benarkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *