Menu Makanan Berbuka yang Dapat Dibuat di Rumah

Bulan ramadan tahun ini terasa berbeda karena pada tahun-tahun sebelumnya kita biasanya melakukan salat tarawih, mengabuburit, buka puasa di luar bersama keluarga ataupun teman dan sebagainya. Di tahun ini, kegiatan itu tidak bisa kita lakukan karena adanya pandemi virus korona sehingga mengharuskan kita untuk tetap di rumah sampai waktu yang ditentukan.

Untuk mengisi waktu sebelum berbuka, kita dapat membuat makanan yang cukup mudah tanpa harus pergi keluar rumah untuk membelinya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari. Menu untuk berbuka puasa tidak harus mewah, makanan sederhana pun bisa terasa nikmat jika diolah secara tepat. Berikut sejumlah menu masakan buka puasa praktis dan sederhana yang dapat dicoba di rumah:

  1. Martabak Mini Isi Jagung
sumber : thegorbalsla.com

Pada umumnya, jenis martabak yang kita kenal adalah martabak manis dan martabak telur. Namun ternyata martabak tidak hanya berisikan telur, melainkan dapat juga dipadukan dengan isi lainnya seperti jagung. Bahan yang diperlukan adalah kulit lumpia, jagung secukupnya, telur, bawang putih dan bawang bombay, daun bawang, serta daun seledri.

  1. Tahu Aci Goreng
sumber : cookpad.id

Tahu aci merupakan jenis makanan yang memiliki rasa gurih dan renyah. Tahu aci ini biasa dibuat dari tahu kuning yang memiliki bentuk segi empat.  Nah, untuk membuat tahu aci goreng ini sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tahu kuning yang telah dipotong segitiga, bawang putih, tepung sagu, daun kucai, garam, dan kaldu jamur secukupnya.

  1. Puding Oreo
sumber : pinterest

Selain makanan yang gurih, makanan manis ini juga dapat dijadikan untuk menu berbuka kalian. Dengan menyiapkan bahan-bahannya seperti margarin yang telah dicairkan, agar-agar Swallow tanpa rasa, susu cair full cream, Oreo, gula pasir, tepung maizena, keju parut, dan cokelat.

  1. Pie Susu Teflon
sumber : sukalaper.com

Selain rasanya yang enak, pembuatan pie susu teflon ini sangat mudah karena tidak memerlukan oven, dan bahan-bahan yang diperlukan juga mudah kita temukan di rumah yaitu tepung terigu, telur, gula halus, dan susu kental manis.

  1. Telur Gulung
sumber : 2.bp.blogspot.com

Jajanan khas yang ada di setiap SD ini sederhana tetapi rasanya sangat enak. Hanya dengan bermodal bihun, telur, stick kayu, dan garam secukupnya kamu bisa buat telur gulung sendiri di rumah.

  1. Boba Nutrijel
sumber : cookpad.com

Buat kalian yang kangen dengan minuman boba di mal, kalian bisa buat sendiri loh di rumah. Cuma dengan tepung tapioka, Nutrijel cokelat, gula pasir, dan gula jawa kalian bisa bikin boba sendiri, untuk minumannya kalian bisa membuatnya dari susu Dancow, Milo, dan lain-lain sesuai dengan selera kalian.

  1. Keju Mozarella Goreng
sumber : pinterest.com

Buat kalian yang bosan dengan makanan-makanan low budget, kalian bisa coba nih salah satu menu ini, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah  keju mozarella, tepung roti, tepung terigu, telur ayam, gula pasir, kaldu ayam bubuk, dan minyak goreng.

Nah, sekian menu masakan buka puasa praktis dan sederhana yang bisa dicoba di rumah, semoga kegiatan kita di bulan puasa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini bisa diisi dengan kegiatan masak-masak yang bermanfaat. (SLV/PTR/ASA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *