Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa di Tengah Pandemi Virus Korona

Bulan Ramadan tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, tidak hanya bagi umat Islam di Indonesia, tetapi juga diseluruh dunia tengah dihadapi dengan situasi yang tidak biasa. Pasalnya, umat Islam harus menjalankan ibadah puasa ditengah pandemivirus korona. Salah satu tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini ialah harus tetap menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa. Sistem daya tahan tubuh memegang peranan vital dalam melindungi tubuh dari infeksi kuman, termasuk virus korona.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kita memerlukan nutrisi yang seimbang serta cairan yang cukup agar stamina dan imun tetap terjaga. Berikut tips untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa:

  1. Perbanyak minum air putih

Saat waktu sahur dan berbuka puasa perbanyaklah minum air putih setidaknya 6-8 gelas sehari. Karena, mencukupi kebutuhan cairan merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan cairan tersebut dapat menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Hindari minuman yang mengandung kafeina seperti kopi. Karena, kafeina dapat memicu intensitas buang air kecil menjadi lebih sering, dan hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Berbuka puasa dengan buah kurma

Saat berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi tiga buah kurma dalam sehari. Kurma dapat menambah energi tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung air, vitamin, nutrisi, dan mineral

Tidak hanya berasal dari minuman, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, vitamin, nutrisi, maupun mineral juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Beberapa makanan tersebut seperti buah, sayur, ikan, daging, dan susu. Usahakan untuk memilih makanan segar yang lebih kaya nutrisi dan hindari makanan beku atau kalengan.

  1. Tetap aktif bergerak

Saat berpuasa terlebih harus tetap dirumah saat pandemi virus korona bukan menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Upayakan tetap aktif bergerak agar tubuh tetap bugar. Lakukanlah olahraga ringan dirumah seperti berjalan kaki, naik turun tangga, melakukan joging ringan atau melakukan gerakan peregangan sederhana.

Itulah beberapa tipsuntuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa ditengah pandemi virus korona. Ayo kita mulai melakukan kebiasaan hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari virus korona!(PTRY/AWS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *