Patuhi Protokol Kesehatan Ini pada Masa Transisi New Normal

Pada tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena di tahun ini negara kita dikejutkan dengan adanya wabah virus corona. Bukan hanya di Indonesia saja, wabah ini pun juga melanda seluruh belahan dunia dan membawa dampak yang signifikan terhadap semua sektor kehidupan. Meskipun demikian, produktivitas kita tidak boleh berhenti bergerak dan harus adaptif terhadap perubahan tersebut.

Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan program yang bernama New Normal atau yang biasa kita kenal dengan tatanan baru. Tujuan dikeluarkannya program ini untuk mengadaptasi masyarakat agar terus produktif dalam menjalani kehidupan baru dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Untuk mendukung keberhasilan New Normal ini, diperlukan dukungan perubahan perilaku pada masyarakat. Perubahan ini bisa dimulai pada masa transisi untuk New Normal sekarang ini. Masyarakat perlu melakukan perubahan khususnya untuk menjaga kebersihan dan hidup yang lebih sehat. Lalu, jika beraktivitas di luar rumah, patuhilah aturan dan protokol kesehatan yang telah diterapkan.

 

Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan jika kita ingin beraktivitas di luar rumah antara lain, menjaga kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan salah satu hal yang penting karena tangan merupakan bagian tubuh kita yang seringkali mudah terpapar dengan benda lain. Dengan kita membawa hand sanitizer, kita dapat menjaga kebersihan tangan.

sumber : https://images.app.goo.gl/

Kedua, jangan menyentuh area wajah.  Meskipun tangan kita sudah diberikan hand sanitizer, hal tersebut tidak menjamin sepenuhnya bahwa tangan kita bersih total. Dengan demikian, baiknya kita tidak menyentuh area wajah, khususnya area mata, hidung, dan mulut dikarenakan area tersebut rentan bagi virus masuk ke dalam tubuh kita.

sumber : https://images.app.goo.gl/

Ketiga, terapkan etika batuk dan bersin. Meskipun kita tidak terpapar virus corona, kita tetap harus menjaga etika ketika batuk dan bersin agar orang lain tidak tertular. Karena ketika kita batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan virus yang ada pada diri kita.

sumber : https://images.app.goo.gl/

Keempat, pakai masker. Memakai masker sangatlah penting untuk kita semua karena masker menjadi hal yang dapat mencegah penularan virus corona. Dengan memakai masker, tentu dapat mengurangi virus yang akan terhirup oleh hidung dan masuk ke dalam tubuh kita.

sumber : https://images.app.goo.gl/

Kelima, jaga jarak. Jaga jarak ini dilakukan untuk mencegah terpaparnya seseorang dengan orang lainnya dan minimal jaga jarak yang harus diterapkan adalah 1 meter. Pada jaga jarak ini kita diharuskan untuk menghindari kerumunan serta meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

sumber : https://images.app.goo.gl/

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, kita dapat beradaptasi untuk beraktivitas seperti biasa dengan aman dan dapat meminimalisir adanya penularan virus corona pada masa transisi ini. (DN/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *