PSBB TRANSISI, CFD DI JAKARTA MULAI DIBUKA BESOK

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali membuka Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada 21 Juni 2020. Namun, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus korona.  Kegiatan ini baru mulai dibuka di kawasan Bundaran HI dan merupakan uji coba yang selanjutnya akan dievaluasi pelaksanaannya.

Meskipun akan dibuka, kegiatan Car Free Day (CFD) ini tetap memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya yaitu tidak diperbolehkannya kegiatan perdagangan. Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan untuk berjualan di kawasan Car Free Day (CFD). Masyarakat yang berada di kawasan CFD hanya boleh berolahraga, tidak yang lain. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa tetap menjaga jarak aman demi mencegah penyebaran virus korona.

Sumber : bloggerjakarta.com

Selain itu warga juga diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak antar satu dengan yang lain. Perihal makser, jika memang mengganggu pernafasan, dapat dibuka sedikit lalu setelah pernafasan membaik, masker dipakai kembali. Bagi masyarakat yang tidak memperhatikan protokol kesehatan maka akan ditindak tegas oleh Satpol PP yang mengawasi.

Seperti yang kita ketahui, kegiatan Car Free Day (CFD) mulai diberhentikan sejak 11 Maret 2020. CFD ini ditiadakan sejak adanya program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus korona.

Sampai saat ini memang virus korona belum hilang dan jumlah masyarakat yang positif pun masih terus bertambah. Namun, kita tidak akan bisa terus berdiam diri tidak melakukan aktivitas seperti biasa. Maka dari itu pemerintah membuat program New Normal dimana secara berangsur-angsur kita mulai menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang lebih ketat untuk mencegah kita agar tidak terinfeksi virus korona. (SK/RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *