Tips Belanja Cerdas di Tengah Tren Belanja Online di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 yang saat ini masih mewabah, membuat transaksi online mengalami lonjakan. Pasalnya organisasi kesehatan dunia (WHO) hingga pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar guna mengurangi risiko penularan COVID-19 dan juga mendorong masyarakat membeli apa yang mereka butuhkan tanpa harus keluar rumah. Anjuran untuk berdiam diri di rumah turut mempengaruhi tren konsumsi konsumen e-commerce di Tanah Air. Kondisi tersebut membuat pola belanja masyarakat juga berubah. Dengan mengandalkan belanja daring, gaya konsumsi masyarakat pun juga ikut berubah.

Mengutip dari IDN Times, “tahun 2020 ini mengubah cara kita menjalankan hidup sehari-hari, bekerja, dan juga berbelanja online. Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya,” kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/5).

Meskipun demikian masyarakat harus cerdas dalam mengalokasikan dana untuk belanja selama masa pandemi COVID-19, mengingat pada kondisi yang tidak pasti tentunya berhemat menjadi suatu kewajiban dan juga memilih barang yang prioritas lebih penting daripada harus memaksakan keinginan konsumtif. Berat memang jika dibayangkan tapi hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Berikut tips belanja cerdas di tengah tren belanja selama masa pandemi :

1. Berpikir Dua Kali Sebelum Membeli
Berpikir dua kali sebelum membeli merupakan hal penting yang harus kamu lakukan di masa pandemi COVID-19. Berpikir apakah barang tersebut benar dibutuhkan atau hanya keinginan semata saja?

2. Tentukan Anggaran Belanja yang Jelas
Mengatur keuangan dengan ketat akan memberikan kamu sebuah kesempatan untuk menghindari pemborosan dalam keuangan, temasuk ketika berbelanja. Selalu miliki anggaran yang jelas untuk setiap pembelanjaan yang kamu lakukan sehingga pengeluaran bisa tetap dikendalikan dengan baik.

3. Buat dan Patuhi Daftar Belanja
Jika kamu termasuk orang yang suka kebablasan saat berbelanja, ada baiknya untuk selalu membuat daftar belanja prioritas terlebih dahulu. Lihatlah kebutuhan kamu dan catat. Lakukan hal ini saat luang ya agar kamu tenang dan bisa berpikir jernih untuk menyusunnya dengan tepat.

4. Hindari Belanja Tanpa Rencana
Belanja tanpa rencana bisa menjadi musibah dalam keuangan dan hal ini kerap terjadi ketika belanja online. Tidak tanggung-tanggung, belanja tanpa rencana bisa saja menghabiskan banyak uang kamu sekaligus tanpa disadari.

5. Manfaatkan Momen Sale
Inilah momen yang ditunggu-tunggu pastinya bagi kamu yang hobi berbelanja. Manfaatkan momen sale dan diskon yang diberikan toko online dengan sebaik-baiknya tetap selektif ya dan jangan boros.

6. Menghindari Skema Belanja Online “Beli Sekarang, Bayar Nanti”
Disamping pentingnya membuat daftar belanja, kamu juga harus waspada terhadap ‘beli sekarang, bayar nanti’. Skema belanja online tersebut dapat dengan mudah menghipnotis kamu untuk selalu belanja online, dan tanpa disadari tagihan yang harus dibayarkan menumpuk.

Nah, itu dia beberapa tips belanja cerdas di tengah tren belanja online di masa pandemi ini. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang #dirumahaja ya, EClicious. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa menabung. (OKT/AWS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *