Berita Acara : Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan Metode Structural Equation Modeling: Partial Least Square

Foto : Prof. Dr. Suyono, M.Si

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Metode Structural Equation Modeling: Partial Least Square”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh para dosen dan beberapa mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Foto : Petrolis Nusa Perdana, M.Acc, Ak

Kegiatan dimulai tepat pukul 9 pagi. Kegiatan ini dipandu oleh Retno Dwi Saputri yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi, selaku pembawa acara dengan pembacaan agenda kegiatan. Selanjutnya, sambutan diberikan oleh Bapak Petrolis Nusa Perdana, M.Acc, Ak selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa metode Structural Equation Modeling: Partial Least Square (SEM:PLS) merupakan tools analisis yang fungsi utamanya sebagai perancangan model. Namun, hal tersebut juga dapat digunakan untuk konfirmasi teori bagaimana korelasi sangat diperlukan untuk menganalisis data yang saat ini masih terdapat banyak hambatan apabila menggunakan tools analisis lain, sehingga pelatihan ini dirasa sangat perlu dilakukan. Sambutan selanjutnya oleh Bapak Mukhamad Yasid, M.Si selaku Direktur LPPM Institut Tazkia, dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar pelatihan ini dapat menjadikan kita sebagai peneliti yang unggul, khususnya unggul dalam menggunakan metode SEM:PLS ini. Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNJ yaitu Bapak Prof. Dr. Suyono, M.Si, beliau mengatakan bahwa PKM merupakan salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang mana menjadi salah satu bentuk kontribusi seorang dosen terhadap masyarakat yang tujuannya tidak lain untuk memajukan masyarakat itu sendiri.

Agenda selanjutnya adalah pembacaan CV pembicara pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, yaitu Bapak Unggul Purwohedi, S.E., M.Si., PhD., CMA. Penyampaian materi oleh Bapak Unggul terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.30-12.00, kemudian Ishoma pukul 12.01-13.00, dan dilajutkan dengan penyampaian materi sesi kedua pada pukul 13.01-15.20. Selama penyampaian materi tersebut, peserta diizinkan untuk bertanya terkait materi yang disampaikan.

Foto : MC, Retno Dwi Saputri

Setelah penyampaian materi selesai, agenda selanjutnya adalah pembagian doorprize bagi dua peserta beruntung yang telah mengajukan pertanyaan selama sesi penyampaian materi. Agenda ini dipandu oleh pembawa acara dengan melakukan pengundian secara acak dengan aplikasi. Agenda terakhir pada pukul 15.25, yaitu penutupan oleh pembawa acara sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *