Studi Banding Econochannel dan Aspirasi: Take Your Part and Be A New Era Journalism

Sabtu, 4 Juli 2020 telah diselenggarakan acara Studi Banding Econochannel, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan ASPIRASI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Studi Banding kali ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom dan mengangkat tema “Building Journalism Innovation and Creativity in Press Freedom Era” dengan tagline “Take Your Part and Be A New Era Journalism” yang bermakna bahwa di era demokrasi sekarang ini kita dapat dengan bebas menyampaikan pendapat sehingga mendorong para jurnalis untuk selalu berinovasi dan tetap kreatif dengan memanfaatkan kemerdekaan dan kebebasan pers.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Studi Banding yaitu Hana. Serta sambutan dari para pemimpin umum masing-masing LPM (Lembaga Pers Mahasiswa). Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi mengenai Econochannel dan ASPIRASI yang dibawakan langsung oleh pemimpin umum dari masing-masing LPM (Lembaga Pers Mahasiswa). Diadakan juga sesi tanya jawab setelah presentasi. Selanjutnya, acara dijeda sejenak untuk melaksanakan istirahat, salat, dan makan siang bersama.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking. Kegiatan ini mempererat kedekatan antara Econochannel dan ASPIRASI. Dengan permainan battle quiz, kekompakan serta antusias dari keduanya sangat terlihat. Begitu juga dalam sesi FGD (Forum Group Discussions), masing-masing departemen sangat antusias saat sharing mengenai program kerja dan pengalaman mereka selama menjadi bagian dari departemen tersebut.

Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat karena acara ini berlangsung menyenangkan. Bahkan teman-teman dari Econochannel maupun ASPIRASI berinteraksi dengan luwes. Hana, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa acara Studi Banding kali ini berjalan sesuai dengan rencana. Meskipun ada beberapa tantangan dan kendala tetapi baik dari panitia maupun peserta dapat menyelesaikannya dengan baik.

Studi Banding merupakan salah satu program kerja yang dapat menjalin silaturahmi antar sesama LPM (Lembaga Pers Mahasiswa). Semoga Studi Banding kali ini bermanfaat dan dapat menjadi inspiasi bagi Studi Banding selanjutnya sehingga Studi Banding dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. (IVD/DK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *