WEBINAR INVESTASI SAHAM 2020: Cerdas dalam Membentuk Strategi Berinvestasi

Minggu, 12 Juli 2020 telah dilaksanakan acara “Webinar Investasi Saham 2020” yang diselenggarakan oleh Paguyuban KSE Universitas Negeri Jakarta dengan tema “Cerdas dalam Menentukan Strategi berinvestasi”. Ketua pelaksana acara ini adalah Frisca Mulviana yang merupakan mahasiswi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

“Arti dari tema acara ini adalah untuk mengajak orang-orang lebih cerdas atau bijaksana dalam berinvestasi, dikarenakan banyaknya investasi bodong. Jadi, jika kita sudah cerdas berarti kita dapat mengerti bagaimana caranya berinvestasi, maka kita dapat menentukan strategi yang baik dalam memulai investasi agar tidak terjebak dengan investasi bodong,” ujar Frisca.

Webinar Investasi Saham 2020 dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Acara ini diselenggarakan dengan dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.26 WIB yang dimulai dengan pembukaan oleh MC, yaitu Titania. Kemudian terdapat sambutan dari Ketua Pelaksana Webinar Investasi Saham 2020, yaitu Frisca Mulviana dan sambutan dari Ketua Paguyuban KSE 2020, yaitu Ali Topan. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi “Mengambil Aksi di Tengah Pandemi” oleh Erwin Vitrianudin yang dimoderatori oleh Liry Amilleanda. Materi tersebut menjelaskan mengenai saham, pentingnya investasi, jenis saham, keuntungan berinvestasi, resiko berinvestasi, kendala berinvestasi, dan tips dalam berinvestasi. Selanjutnya, diadakan sesi tanya jawab mengenai materi pertama dan disambut oleh para peserta dengan sangat antusias. Lalu diadakan foto bersama yang menandakan sesi pertama telah selesai. Acara dijeda sejenak untuk melaksanakan istirahat, salat, dan makan siang.

Acara dilanjutkan dengan sesi kedua, yaitu pemaparan materi “Investasi” oleh Asri Natalia yang dimoderatori oleh Isni Mardiani. Pada materi ini, Asri Natalia menjelaskan bahwa kita harus mengingat tujuan utama dari berinvestasi dan pastikan juga kita memiliki tujuan keuangan. Meskipun sudah berinvestasi, kita tidak bisa berharap besar dari investasi tersebut. Jadi, kita harus tetap menabung dengan sepesifik dan terukur. Setelah pemaparan materi kedua selesai, diadakan sesi tanya jawab bagi para peserta. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengundian doorprize yang dimenangkan oleh dua orang peserta. Setelah itu, diadakan sesi foto bersama dan juga penutupan oleh MC.

Frisca selaku ketua pelaksana berharap agar seluruh penerima beasiswa KSE dan masyarakat dapat melek akan investasi sejak dini serta tidak takut untuk mulai berinvestasi. Semoga acara Webinar dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi bantu loncatan untuk meraih kesuksesan dengan berinvestasi. Diharapkan untuk acara yang akan datang dapat terlaksana lebih baik lagi. (IVD/NIS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *