Referensi Olahan Daging Kurban yang Anti Mainstream

Hari Raya Iduladha tentunya identik dengan makan-makan bersama keluarga, saudara, teman-teman, dan yang lainnya. Pada saat Hari Raya Iduladha tersedia daging kurban yang berlimpah, baik daging kambing, domba, sapi, kerbau, maupun unta. Daging-daging tersebut biasanya diolah sesuai dengan tradisi masing-masing. Ada yang dimasak menjadi rendang, gulai, soto, tongseng, maupun satai yang lebih mudah untuk diolah. Namun, kadang kita bosan tidak, sih, dengan olahan daging yang itu-itu saja? Nah, agar kita tidak bosan dan bingung dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja, yuk kita simak referensi olahan daging kurban yang anti mainstream!

1. Beef Steak (Steik)
Bagi yang ingin makanan ala Eropa, beef steak ini cocok dijadikan referensi olahan daging kurban pada saat Hari Raya Iduladha. Beef steak juga cocok untuk yang ingin memadukan lemak daging dan sayuran. Hal ini tentunya agar gizi tubuh lebih seimbang.

Foto dari : Pinterest

2. Bakso Bakar
Nah, untuk yang bosan dengan satai kambing atau satai sapi yang itu-itu saja, kalian bisa mengolahnya menjadi bakso bakar, loh! Namun, untuk prosesnya memang sedikit lebih lama, karena harus menggiling daging menjadi lebih halus, lalu membuatnya menjadi adonan bakso. Setelah menjadi bakso, kita harus menusuknya di tusukan satai kemudian diberi bumbu lalu baru dibakar.

3. Daging Geprek
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan ayam geprek. Nah, kali ini kita bisa mengganti ayam dengan memanfaatkan daging kurban, baik kambing maupun sapi yaitu dengan diolah menjadi daging geprek. Makanan ini pastinya cocok banget untuk kalian yang suka pedas.

Foto dari : Pinterest

4. Bulgogi
Untuk kalian yang suka makanan Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang berasal dari olahan daging sapi pilihan. Bumbu bulgogi ini yaitu campuran kecap asin dan gula ditambah dengan bumbu lain tergantung pada resep dan daerah di Korea.

Foto dari : Pinterest

5. Sukiyaki
Selain makanan Korea kita juga bisa mengolahnya menjadi makanan khas Jepang, yaitu sukiyaki. Sukiyaki adalah hidangan rebus yang berisi irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, jamur shitake, dan tahu yang dimasak dalam panci besi lalu dicelup ke dalam kocokan telur ayam mentah. Jadi, selain enak makanan tradisional Jepang ini juga sangat sehat, loh!

Nah, sobat EClicious itulah beberapa referensi olahan daging kurban yang anti mainstream agar kalian tidak bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja. Jadi, makanan mana nih yang akan kalian masak untuk dinikmati di Hari Raya Iduladha tahun ini? Makanan apapun yang kalian pilih, semoga bisa dinikmati bersama keluarga, saudara, maupun teman-teman semua, ya! (PTRY/MSA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *