Berbeda dari Sebelumnya, Beginilah Pelaksanaan PKKMB FE UNJ secara Daring

Seluruh rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang biasa dikenal dengan PPKMB telah usai dilaksanakan. PKKMB ini memiliki sejumlah rangkaian mulai dari Briefing PKKMB Fakultas dan Prodi, Opening PKKMB, PAS PKKMB, dan yang terakhir ditutup dengan dilaksanakannya Closing PKKMB. Untuk acara PAS PPKMB Fakultas Ekonomi yang dilaksanakan selama dua hari ini melalui platformZoomdan YouTube. Di hari pertama PAS PKKMB Fakultas yang jatuh pada hari Selasa, 15 September 2020 dimulai dengan pembukaan oleh MC dan beberapa sambutan. Selanjutnya, PAS 1 PKKMB diisi dengan dua materi utama, yaitu mengenai Pengenalan Pimpinan Fakultas, Fasilitas & Layanan Mahasiswa FE dan kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yang bertemakan Pengenalan Nilai Budaya, Etika, dan Karakter Mahasiswa UNJ.

Acara PAS PKKMB FE dilanjutkan pada keesokan harinya, yakni pada tanggal 16 September 2020 yang diawali dengan pembukaan MC, tilawah, dan juga mendengarkan lagu “Indonesia Raya”, “Mars UNJ”, serta “Totalitas Perjuangan.” Materi pertama pada PAS 2 PKKMB Fakultas ini bertemakan tentang Plagiarisme yang dibawakan oleh Prof. Dr. Haryo Kuncoro, SE, M.Si., selaku Dosen Fakultas Ekonomi. Setelah pemaparan materi pertama, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian, peserta PKKMB diberikan waktu selama 10 menit untuk mengerjakan post test. Materi selanjutnya merupakan talkshow yang diisi oleh Afidah Nur Aslamah selaku Mawapres utama jenjang sarjana dan juga Haris Nur Hamdi sebagai Mawapres utama jenjang diploma Universitas Negeri Jakarta. Talkshow yang mengangkat tema mengenai Kiat Sukses di Perguruan Tinggi ini menolehkan begitu banyak antusiasme dari para mahasiswa baru. Acara selanjutnya, yaitu kapita selekta BEM FE UNJ dan dilanjutkan dengan penampilan angkatan.

Terakhir, acara PAS 2 PKKMB FE UNJ ini  ditutup dengan adanya PKKMB Award untuk mengumumkan peserta-peserta terbaik dalam acara PKKMB FE UNJ 2020. Kategori pertama yakni kelompok terbaik dimenangkan oleh kelompok 10, untuk kategori esai putra terbaik dan esai putri terbaik yaitu Rifqi Raihandika dan Febry Anggraeni, selanjutnya untuk esai putra dan putri terfavorit dimenangkan oleh M. Bachryan Ihsan dan Sarah Savira. Dan untuk kategori terakhir ini dimenangkan oleh Singgih Habibie Ramadhan selaku peserta putra terbaik dan Mardyah Alviani Batubara sebagai peserta putri terbaik. Dengan diumumkannya para peserta terbaik pada PKKMB Fakultas ini menutup rangkaian acara PKKMB yang dilaksanakan melalui platform Zoom. Namun, acara PKKMB ini masih dilanjutkan dengan kuliah umummelalui YouTube yang dijelaskanoleh Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Ak, M. Si., Ph.D.mengenai Revolusi Mental dan materi Bela Negara oleh Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si. Meskipun dilaksanakan secara daring, semangat dari para peserta dan juga panitia membuat PKKMB FE 2020 ini tetap berlangsung dengan meriah.

“Kesan pertama saya mulai dari awal pencalonan sebagai ketua pelaksana adalah saya melihat ini sebagai peluang untuk akhirnya bisa bermanfaat bagi banyak orang, bisa berkontribusi untuk Fakultas Ekonomi dan pastinya nambah pengalaman baru yang nggak akan terlupakan banget, awalnya agak ragu dan bingung akan seperti apa PKKMB FE 2020 secara daring ini, tapi secara perlahan dan pasti setiap konsep mulai tersusun. Lagi-lagi di kepanitiaan ini juga bagi saya pribadi menjadi ajang silaturahmi juga pastinya bagi tiga jurusan di FE yakni Ekonomi Administrasi, Akuntansi, dan Manajemen. Lewat kepanitiaan ini juga jadi kita saling mengenal lagi, nih, sesama mahasiswa FE khususnya angkatan 2018,” ungkap Muhammad Iqbal Nurdwiratno selaku Ketua Pelaksana PKKMB Fakultas Ekonomi UNJ 2020.

“Ya alhamdulillah kemarin untuk yang tingkat fakultas yang sudah terlaksana secara baik, menurut saya dan sudah lumayan maksimal dalam pelaksanaannya dan apa-apa yang sudah direncanakan dan dipersiapkan itu cukup terlaksana dengan baik ketika hari-h pelaksanaan,” ucap Muflih Hanif selaku Ketua BEM Fakultas Ekonomi UNJ ketika diwawancarai.

“PKKMB adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan baik universitas maupun fakultas dalam rangka memperkenalkan kehidupan kampus pada mahasiswa baru. Di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaan PKKMB tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PKKMB tahun ini dilakukan secara daring,” ucap Dekan FE UNJ, Dr. Ari Saptono, S.E., M.Si.

“Pada masa pandemi ini, sesuai kebijakan kementerian dan universitas pelaksanaan perkuliahan menggunakan PJJ. Melalui kegiatan PKKMB ini, mahasiswa baru sudah mulai diperkenalkan pembelajaran jarak jauh baik melalui luring maupun secara daring. Pada masa pandemi ini juga terjadi akselerasi penggunaan teknologi dalam kehidupan, termasuk dalam pembelajaran atau perkuliahan. Pada era industri 4.0, kita harus semakin kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi agar mampu menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan akan penguasaan iptek berbasis digital,” tambah beliau.

Ketua Pelaksana PKKMB Fakultas Ekonomi, Muhammad Iqbal Nurdwiratno, mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan PKKMB secara daring ini memiliki beberapa tantangan tersendiri. Salah satunya, yaitu dalam menyatukan suhu antar panitia yang harus dilaksanakan secara online. Terlebih lagi, persiapan yang dilakukan untuk PKKMB ini harus dibarengi dengan kegiatan belajar mengajar yang telah dimulai terlebih dahulu. Tak jauh berbeda, Muflih Hanif juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan PKKMB ini masih memiliki beberapa kendala dan kekurangan sehingga hal tersebut perlu menjadi bahan evaluasi untuk lebih mempersiapkan secara detail mengenai teknis pelaksanaanya.

Ketika ditanya mengenai harapan untuk PKKMB ini, keduanya mengatakan bahwa harapannya yaitu apa yang telah menjadi tujuan PKKMB sebelumnya dapat tercapai. Baik itu dalam hal mengenalkan lingkungan kampus dan juga mempersiapkan mahasiswa baru dalam dunia perkuliahan. Mereka juga berharap pelajaran yang sudah disampaikan pada kegiatan PKKMB FE 2020 ini dapat dimaknai, diterima dengan baik, dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh mahasiswa baru.

Pada tahun ini PKKMB FE UNJ memiliki sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni tahun ini PKKMB harus dilaksanakan secara daring. Meskipun demikian, Dr. Ari Saptono, S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta berharap kegiatan PKKMB ini mempu menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. (TD/ASA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *