Kadal 163 : Milenial, Generasi Terkaya di Masa Depan

Berbicara tentang masa depan, pasti berhubungan dengan kekayaan. Angan-angan untuk mempunyai masa depan yang terjamin adalah suatu mimpi yang ingin dimiliki banyak orang. Sama halnya dengan mimpi generasi milenial. Menurut Kominfo, generasi milenial berasal dari kata “millennials” yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. Secara singkatnya, generasi milenial adalah generasi yang serba instant dan tanggap akan teknologi.

Generasi ini juga bisa dikatakan sebagai generasi yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang. Mengapa demikian? pada generasi ini, para milenial diperebutkan oleh sejumlah pihak untuk menjadi target pasar yang potensial bagi para investor. Mulai dari makanan, wisata, perumahan, bahkan sampai keuangan. Untuk mempersiapkan semua itu, generasi milenial harus memiliki simpanan yang terjamin dari sekarang. Simpanan yang terjamin ini bisa didapatkan oleh generasi milenial melalui investasi.

Peneliti INDEF, Bhima Yudhistira Adhinegara, menjelaskan bahwa generasi milenial saat ini lebih cocok untuk berinvestasi dibandingkan menabung. Hal ini karena investasi memiliki keuntungan yang lebih baik dibandingkan sekadar menabung di bank. Investasi yang bisa dilakukan oleh generasi milenial ini di antaranya adalah:

1. Investasi Reksa Dana
Bagi generasi milenial, reksa dana adalah salah satu investasi yang cocok untuk dicoba. Reksa dana ini menjadi salah satu pilihan investasi karena risikonya relatif lebih rendah serta lebih mudah. Reksa dana merupakan pilihan yang tepat bagi milenial yang tidak memiliki banyak waktu luang tetapi ingin cepat kaya. Melalui investasi reksa dana, generasi muda dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI). MI ini bertugas untuk mengelola investasi di berbagai portofolio investasi produk, seperti obligasi, deposito, dan saham. Terlebih lagi, reksa dana bisa dimulai dengan nominal yang cukup rendah, bahkan bisa dimiliki hanya dengan bermodal uang jajan dari orang tua.

2. Investasi Saham
Masyarakat mungkin sudah cukup populer dengan investasi saham. Saham dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Tidak seperti reksa dana, saham merupakan sebuah produk investasi yang memiliki risiko cukup tinggi tetapi hasil yang didapatkan jauh lebih tinggi dibandingkan reksa dana. Bagi milenial yang lebih tertarik dengan investasi saham, lebih baik jika mempelajari terlebih dahulu mengenai analisis fundamental saham. Biasanya generasi milenial cenderung memilih saham dengan risiko tinggi dan agresif.

3. Deposito
Produk investasi selanjutnya, yaitu deposito. Deposito merupakan produk simpanan yang biasanya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan sesuai kesepakatan antara bank dengan nasabahnya. Berbeda dengan tabungan biasa, uang yang sudah disimpan di deposito tidak bisa ditarik setiap saat karena harus mengikuti tempo waktu yang sudah ditentukan. Biasanya, deposito juga kerap dipilih para investor pemula. Dengan bunga pendapatan yang stabil, pemodal tidak perlu khawatir untuk mengelola investasi tersebut. Terlebih, tabungan deposito berjangka cenderung berisiko rendah dan menghasilkan keuntungan yang relatif stabil meski keuntungannya tidak sebesar investasi saham.

4. Investasi Emas
Akhir-akhir ini, emas merupakan investasi yang lumayan banyak menarik minat kaum muda. Tidak heran jika harga emas melonjak tajam. Emas juga merupakan investasi yang memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah kebal inflasi, tidak cepat rusak, minim risiko, serta harga yang relatif naik. Sayangnya, kebanyakan orang tidak tahu investasi emas kini bisa dimulai dengan nominal yang minim di beberapa platform, misalnya Tokopedia Emas dan Pegadaian.

Jika investasi ini bisa dilakukan dan diminati oleh para milenial, maka generasi ini dipastikan akan menjadi generasi terkaya di masa depan serta menjadi generasi yang diidam-idamkan oleh banyak kalangan.

Research and Development by Anggie Evanda
Edited by Mayang Syifa Azhari

Source : 

https://finance.detik.com/portofolio/d-4734695/generasi-milenial-cocoknya-investasi-kayak-apa-ya

Generasi Millennial, Generasi Terkaya di Masa Depan

https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media

https://money.kompas.com/read/2019/08/30/131124526/millenial-kelola-uang-dengan-4-produk-investasi-ini?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *