Tips Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda di Tengah Tren Sepeda

Di tengah pandemi yang masih berjalan saat ini, semakin banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga guna menjaga tubuh tetap sehat.

Bersepeda menjadi tren yang kembali muncul dan merupakan tren positif yang saat ini digandrungi oleh masyarakat hampir seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Tidak heran permintaan sepeda kini meningkat pesat.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga ini juga dapat digunakan sebagai aktivitas membakar kalori sekaligus rekreasi. Selain manfaat di atas, sejumlah orang kerap mempertanyakan, apakah bersepeda dapat menurunkan berat badan?

Jawabannya adalah benar, bersepeda merupakan aktivitas yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan tetapi tetap diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Pada prinsipnya, penurunan berat badan berhasil jika besarnya kalori yang keluar lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk.

Nah, sobat EClicious, yuk intip tips menurunkan berat badan dengan tren bersepeda selama pandemi saat ini!

1. Optimalkan Waktu Bersepeda
Hal pertama yang harus kalian lakukan ialah menetapkan target berat badan ideal yang ingin dicapai dengan cara bersepeda. Karena waktu yang dihabiskan untuk bersepeda lebih penting dibandingkan dengan jarak yang ditempuh. Nah, jika kamu seorang pemula, kamu dapat memulai rutinitas sehat ini dengan melakukan tes yang sederhana. Dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia di telepon pintar, kamu dapat menghitung berapa jarak yang dapat kamu tempuh saat kamu bersepeda. Catat jarak yang mampu kamu tempuh dan tentukan target mengurangi waktu tempuh untuk mecapai jarak yang sama. Jika kamu rutin melakukannya, tingkat kebugaran tubuh makin lama akan meningkat dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu juga akan semakin singkat. Selain itu, kalori yang dibakar pun semakin lama akan semakin banyak.

2. Konsisten dan Perlahan
Kemudian hal yang perlu dilakukan ialah tidak perlu terburu-buru dalam memasang target penurunan berat badan dengan cara bersepeda. Hal terpenting untuk dilakukan adalah konsisten dan fokus dalam proses yang kamu lakukan. Buatlah target yang mudah dan masuk akal untuk dicapai sesuai dengan kemampuan. Perlahan-lahan kamu akan mendapati diri kamu menjadi sosok yang lebih kuat dan stabil dalam berlatih.

3. Tetap Terhidrasi
Pastikan kamu membawa dua botol minum selama perjalanan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika cuaca sedang panas dan rute cukup panjang. Jika perlu, tambahkan campuran minuman untuk olahraga agar elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat terisi kembali.

4. Perhatikan Asupan dan Pola Makan
Lalu, hal berikutnya yang menjadi hal mendasar jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal dengan lemak yang terbakar dan berat badan turun, tentu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah asupan dan pola makan harian kamu. Kamu mungkin tidak perlu melakukan pemangkasan asupan yang terlalu berlebihan mengingat bersepeda akan membantu kamu dalam membakar kalori dalam tubuh. Namun, bukan berarti kamu akan bebas dalam mengonsumsi beragam makanan sesuka hati. Fokuslah pada gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam menu yang menjadi asupan harian kamu. Selain itu, makanlah secara teratur dan perbanyak minum air putih.

5. Istirahat yang Cukup
Kemudian hal yang tidak kalah penting ialah istirahat yang cukup. Setelah menerapkan keempat hal di atas, penting untuk menjaga agar kamu beristirahat cukup. Sebab, jika istirahat kurang, tubuh akan menjadi lemah dan risiko terjangkit penyakit akan tinggi.

Nah, sobat EClicious itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengisi kegiatan kamu selama masa pandemi ini. Untuk kamu yang ingin memulai bersepeda, tetap ikuti aturan yang berlaku untuk pengguna sepeda dan tetap menggunakan masker, ya! (OKT/MSA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *