EDARAN PERS Webinar: “Paradigma Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi yang Efektif dan Menarik”

Pada Rabu, 28 Oktober 2020, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kompetisi tahunan yaitu Genius on Mathematics in Real Application (GEOMETRI) yang dilakukan secara daring. Tema yang diangkat pada webinar tahun ini adalah “Paradigma Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi yang Efektif dan Menarik

GEOMETRI 2020 kali ini dibuka oleh perwakilan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan yakni H. Sabri. Beliau memiliki harapan besar kepada para peserta yang mengikuti kompetisi tahun ini.

“Pada kegiatan ini, diharapkan peserta dapat berlatih dan terbiasa untuk meningkatkan daya nalar dan kreativitas serta mengaplikasikan dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Turut pula hadir Wakil Dekan III FMIPA UNM, Suwardi Annas. Beliau berharap semoga kegiatan GEOMETRI 2020 ini mempunyai manfaat untuk pendidikan di Sulawesi Selatan dan semoga bisa menjadi inspirasi di UNM dan di luar.

“GEOMETRI ini sangat luar biasa, bisa dijalankan walaupun pandemi. Semoga bisa jadi inspirasi calon matematikawan di lingkup UNM maupun di luar,” tuturnya.

Beliau juga mengatakan pembukaan GEOMETRI ini luar biasa karena bisa mengadakan seminar nasional walaupun dalam pandemi COVID-19.

“Bagus dijadikan contoh HMJ Matematika FMIPA UNM mengadakan seminar nasional,” tutupnya.

Ketua panitia, Muh Asrul Reza Rusli berharap semoga kegiatan ini bisa sukses sampai akhir penutupan nanti.

“Semoga GEOMETRI 2020 berjalan lancar, dan apa yang menjadi tujuan GEOMETRI itu sendiri dapat tercapai,” ujar ketua panitia dalam acara tersebut.

Materi kedua yang dibawakan pada GEOMETRI 2020 ini tentang “Mewujudkan Mimpi Menjadi Nyata Dalam Matematika” yang dibawakan oleh Billy Kurniawan yang merupakan Bachelor of Science in Mathematical Science Nanyang Technological University (NTU) Singapore.
Dalam materinya, Ia menyampaikan bahwa pentingnya belajar matematika. “Matematika digunakan di keseharian buat mengasah pola pikir kita, cara kita melihat permasalahan di dunia,” katanya.

Billy juga memberikan tips dan trik dalam belajar matematika dengan baik dan benar.

“Adapun tips dan trik dalam belajar matematika dengan baik dan benar yaitu selalu mulai dengan “apa?”, pahami konsep paling simpel lalu bertahap ke tingkat kesulitan berikutnya, cari tahu fungsi atau kegunaan ilmu tersebut baik secara matematika atau juga di kehidupan sehari-hari, dengan mengerjakan matematika, dan jangan sekali-kali belajar rumus cepat sebelum paham konsep dasar.”

Kemudian acara selanjutnya dilanjutkan dengan tanya jawab serta pemberian bingkisan kepada pembicara. Setelah itu acara ditutup dengan doa dan sesi foto bersama. (SFI/DK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *