Kuliah Kerja Lapangan Virtual FE UNJ 2020 Keseruan Mengunjungi Perusahaan dan Kampus Secara Daring

Jakarta, pada tanggal 14—15 November 2020, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bersama dengan Career Development Center (CDC) telah menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disingkat dengan KKL khusus mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menduduki semester lima. KKL tahun ini pastinya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini masih berada di dalam suasana pandemi sehingga KKL tetap dilaksanakan secara daring selama dua hari.

“KKL Virtual ini merupakan pengganti mata kuliah KKL yang biasanya kami mengunjungi perusahaan-perusahaan atau instansi, tetapi karena adanya COVID-19 mengharuskan kami untuk melaksanakannya melalui daring atau online,” ujar Ika Febrilia, S.E., M.M. selaku Ketua Career Development Center Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu ini masing-masing menghadirkan pembicara yang menarik, hebat, dan menginspirasi. Pada hari Sabtu, KKL Virtual ini menghadirkan beberapa pembicara, yaitu dari perusahaan Nutrifood Indonesia, CEO Schoters, dan Alumni Brunel University London, sedangkan pada hari Minggu, KKL Virtual mengundang Financial Advisory PT Deloitte Advis Indonesia, Kepala Sub Bidang Bilateral 1 Pusat Kajian Kerjasama Perdagangan Indonesia, Direktur Kopitiam Oey Indonesia, Koordinator Jasa Sistem dan Penataan Arsip dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Dosen PPM School Of Management, dan yang terakhir News Anchor CNN Indonesia.

Pada hari Sabtu, rangkaian KKL Virtual ini dilaksanakan pada pukul 09.00–16.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh MC, yaitu Indah Muliasari, S.E.Akt, M.Ak. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi UNJ, Usep Suhud, Ph.D dan juga sambutan serta pembukaan secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNJ, Dr. Ari Saptono, M.Pd. Pada KKL hari pertama ini, peserta diajak untuk melihat-lihat secara virtual bagaimana keadaan kantor Nutrifood dengan di perlihatkan beberapa bagian-bagian yang terdapat di dalam kantor Nutrifood dan dijelaskan lebih lanjut oleh Dian Mariani selaku Human Resources Manager Nutrifood mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di Perusahaan Nutrifood, tata ruang kantor pada Perusahaan Nutrifood, dan memberi tips hidup sehat ala-ala karyawan Nutrifood.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Emily Dewiyanti selaku Finance Associate Nutrifood dengan menjelaskan materi mengenai keuangan yang terjadi pada Perusahaan Nutrifood dan bagaimana arus keuangan pada perusahaan Nutrifood tersebut. Setelah penjelasan mengenai keuangan dan gambaran Perusahaan Nutrifood, materi dilanjutkan dengan penjelasan tentang cara Nutrifood bersaing dengan produk-produk lainnya, yap benar, Jessaya Christian selaku Brand Manager Lokalate membawakan materi mengenai tips-tips Nutrifood mempromosikan mereknya, yaitu bekerja sama dengan beberapa stasiun TV untuk memperkenalkan produk dan Perusahaan Nutrifood itu sendiri. Pemaparan materi Nutrifood ini dimoderatori oleh Indah Muliasari, S.E.Akt, M.Ak.

Setelah selesai pembahasan materi dari Nutrifood, dilanjutkan dengan pembahasan materi Online Marketplace Pendidikan oleh Radyum Ikono yang merupakan CEO Schoters. Selama materi Radyum Ikono ini berlangsung dimoderatori oleh Destria Kurnianti, M.Sc. Dalam materinya, Radyum menjelaskan bahwa sebenarnya banyak sekali beasiswa yang diberikan untuk para siswa dan mahasiswa untuk dapat melanjutkan studi mereka. Selanjutnya, materi terakhir pada hari Sabtu ialah peserta KKL diajak untuk mengunjungi Brunel University London secara virtual oleh Retno Daru Dewi GSP yang dilanjutkan dengan sharing experience tentang cara mempersiapkan diri untuk berkuliah atau bekerja di luar negeri.

Pada hari berikutnya, yaitu hari Minggu, acara KKL Virtual ini dibagi menjadi tiga sesi Online Workshop Series. Untuk sesi satu ini diisi dengan materi sesuai program studi. Prodi Administrasi Perkantoran diisi dengan materi Arsip Nasional Republik Indonesia yang dibawakan oleh Dra. Diah Tjaturini, M.M., Prodi Akuntansi diisi oleh Nindito Reksohadiprodjo, PT Deloitte Avis Indonesia, Prodi Ekonomi diisi oleh Muhammad Fawaiq dari Kementerian Perdagangan, dan Prodi Manajemen dan Bisnis diisi oleh Wasis Gunarto, Kopitiam Oey Indonesia. Acara Online Workshop series satu ini dimoderatori oleh masing-masing dosen sesuai dengan program studi. Setelah acara Online Workshop Series sesi satu ini selesai, peserta KKL diarahkan untuk masuk ke dalam link Zoom fakultas untuk mengikuti Online Workshop Series sesi dua dan tiga. Sebelum memasuki sesi kedua ini, Ika Febrilia, S.E., M.M memberikan sambutan pengantar. Sesi kedua ini diisi materi mengenai Bisnis Canvas oleh Noveri Maulana, dosen PPM School of Management, dan dimoderatori oleh Shandy Aditya, BIB, MPBS. Untuk sesi terakhir diisi oleh materi Public Speaking oleh Daniar Achri, News Anchor CNN Indonesia.

“Kesannya seru sekali. Persiapan yang dibentuk kurang lebih dua bulan ini sangat menantang bagi para panitia, yaitu dengan mencari narasumber, menyusun rundown, dll. Alhamdulillah terlaksana dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan,” ujar Ika. “Harapan saya semoga kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat diterima baik oleh mahasiswa meskipun tidak sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi saya harap dua hari kemarin tetap bisa menjadi kesan yang menarik bagi para mahasiswa,” lanjut Ika.

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh panitia dalam menyelenggarakan KKL Virtual ini, seperti kendala sinyal, peserta yang lupa mematikan microphone, dan butuh banyak effort untuk mengontrol peserta, tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala besar bagi para panitia. (NTA/MRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *