Kadal 169 : Hand Sanitizer membuat bakteri dan virus kebal, benarkah?

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, masyarakat langsung memburu masker dan hand sanitizer sebagai bentuk pencegahan dari virus tersebut.

Salah satu cara efektif mencegah penularan virus ini memang dengan menjaga kebersihan diri, termasuk tangan. Hand sanitizer yang berbasis alkohol dipercaya ampuh membunuh virus, sehingga menjadi alternatif mencuci tangan tanpa air.

Namun ternyata, cairan berbasis alkohol tersebut juga memiliki beberapa kelemahan saat digunakan berlebihan. Berikut ini beberapa kelemahan yang harus kita ketahui:

1. Bunuh Bakteri Baik
Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan dapat membunuh bakteri baik yang bisa melindungi kamu dari serangan bakteri jahat. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh pun bisa turun.

2. Membuat Tangan Kering dan Kasar
Kandungan alkohol pada hand sanitizer bisa menghilangkan minyak dan air alami pada kulit tangan, sehingga tangan menjadi kering dan kasar. Kulit kering dan kasar bisa menjadi sarang kuman yang meningkatkan risiko virus memasuki tubuh melalui luka pada kulit.

3. Bakteri Menjadi Kebal
Antibiotik yang terdapat pada hand sanitizer memang efektif untuk melawan bakteri. Namun, kandungan triclosan dalam gel pembersih tangan yang berfungsi sebagai antibakteri ini dipercaya oleh para pakar medis berperan besar membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

Melansir dari laman Times, Badan Keamanan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) melaporkan bahwa triclosan yang terkandung dalam hand sanitizer dapat menimbulkan risiko kesehatan, seperti resistensi bakteri pada tubuh.

Semakin sering menggunakan hand sanitizer, semakin besar kemungkinan kuman dan bakteri menjadi kebal terhadap alkohol. Akhirnya, cara ini sudah tidak efektif lagi buat bunuh kuman. Meski ada banyak kelemahan hand sanitizer, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan produk ini. Kita bisa menggunakannya untuk menyingkirkan kuman secara cepat dalam keadaan mendesak. Ingat, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir tetap pilihan terbaik dan lebih efektif menghilangkan kuman dan virus.

Research and Development by Diah Nuraini
Editor by Adelia Wahyu Setyaningsih

Source :

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/22/113300820/waspada-keseringan-pakai-hand-sanitizer-bisa-buat-bakteri-dan-virus-kebal?page=all

https://www.popmama.com/life/health/sarrah-ulfah/bahaya-menggunakan-hand-sanitizer-secara-berlebihan/3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *