Press Release Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FE UNJ 2021

Jakarta – Pada Senin, 25 Januari 2021, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FE UNJ 2021 yang dilaksanakan melalui platform Zoom. Acara Grand Final Pilmapres ini diikuti lima finalis yang mana empat diantaranya merupakan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat sarjana dan satu lainnya tingkat diploma. Kelima finalis tersebut, yakni Novan Yonatan Seilatu, Annisa Fitri Anugrah Sari, Muhammad Suharjo, Melianti Saraksuk, dan Mila Ainurriski.

            “Alhamdulillah luar biasa, di tengah agenda daring tetapi kita tetap mengusahakan bagaimana estafet pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas itu khususnya di FE tetap terlaksana,” ujar Afidah Nur Aslamah selaku ketua pelaksana dari Pilmapres FE UNJ 2021.

            Grand Final Pilmapres FE UNJ 2021 diawali dengan pembukaan oleh MC, yakni Nuryasin dan Sufriyandi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan validasi prestasi kepada finalis dan penentuan nomor urut presentasi. Sebelum presentasi dari para finalis dimulai, terdapat pembacaan tilawah oleh Bustomi dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan dari Afidah Nur Aslamah selaku ketua pelaksana dan juga sambutan dari Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Kemudian, sesi pertama diawali oleh presentasi dari Melianti Saraksuk dan langsung dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh ketiga juri, yakni Bapak Muhammad Yusuf, Ibu Rahmi, dan Ibu Nadya Fadillah. Selanjutnya, giliran presentasi dan tanya jawab oleh nomor urut dua yaitu Muhammad Suharjo, dilanjutkan oleh Annisa Fitri Anugrah Sari, dan Novan Yonatan Seilatu. Sesi pertama ditutup dengan presentasi dan tanya jawab oleh Mila Ainurriski. Adapun sesi kedua pada Pilmapres, yaitu impromptu speech dari para finalis. Masih dengan urutan yang sama, impromptu speech dibuka oleh Meilanti Saraksuk dan ditutup oleh Mila Ainurriski.

Setelah sempat beristirahat sejenak, tibalah kita di sesi pengumuman pemenang dari Grand Final Pilmapres FE UNJ 2021. Kategori Juara Terfavorit dimenangkan oleh Muhammad Suharjo sedangkan Novan Yonatan Seilatu berhasil memperoleh Juara 2 Mawapres FE tingkat sarjana. Dan yang terakhir, Mawapres Utama FE UNJ 2021 dimenangkan oleh Annisa Fitri Anugrah Sari untuk tingkat sarjana dan Mila Ainurriski untuk tingkat diploma.

“Terharu banget, ganyangka banget sebenernya dan gaada dipikiran sama sekali bakal dapet amanah baru ini. Pas kemaren pengumuman juga sebenernya ibu nonton lagi ada di samping saya, jadi speechless gitu karena liat ibu nangis,” ucap Annisa Fitri Anugrah Sari selaku Mawapres Utama FE UNJ 2021. Annisa pun juga mengungkapkan rasa syukur dan juga rasa terima kasihnya kepada orang-orang yang telah membantu dan men-support dirinya.

Hal serupa juga dikatakan Mila Ainurriski yang mengungkapkan rasa syukurnya bisa melakukan capaian baru dan membuatnya belajar banyak hal baru. Mila yang merupakan mahasiswi D3 Administrasi Perkantoran 2019 ini memutuskan untuk mendaftarkan diri setelah melihat para Mawapres sebelumnya yang membuatnya merasa kagum dan ingin mencoba kesempatan ini.

Sedikit berbeda dengan Novan Yonatan Seilatu yang mana ia telah mengikuti Pilmapres pada tahun sebelumnya dan kini mencoba mendaftarkan diri lagi. “Saya tahun ini membawa visi yang berbeda untuk akhirnya ikut lagi di lomba ini. Ingin belajar dari kegagalan sebelumnya aja dan mencoba lebih lagi,” ucap Novan. Novan juga mengungkapkan bahwa dirinya tetap merasa senang dan bersyukur atas hasil yang ia raih kemarin.

Adapun para pemenang Pilmapres FE 2021 ini memiliki harapan yang sama, yakni bisa terus berkembang dan berkontribusi untuk FE sehingga mereka bisa membawa nama baik FE di tingkat universitas serta dapat menginspirasi banyak orang.

Meski pelaksanaan teknis dari Pilmapres masih ada kendala, seperti gangguan sinyal, tetapi panitia sudah sangat maksimal melaksanakannya. Apalagi Pilmapres tahun ini dilaksanakan secara online untuk pertama kalinya dengan rangkaian acara yang sama seperti kegiatan offline, hanya saja medianya yang berbeda. “Pelaksanaan overall panitia melaksanakannya cukup baik,” ujar Bu Nadya.

Selamat dan sukses untuk para pemenang Pilmapres FE 2021. Semoga bisa membawa nama baik FE dengan berbagai prestasi selanjutnya dan selamat berjuang untuk tingkat universitas. (TD/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *