Cara Efektif untuk Mempertajam Daya Ingat

Memori atau daya ingat merupakan bagian dalam dari diri kita yang memiliki peran sangat penting. Namun, seiring berjalannya waktu, fungsi otak kian menurun akibat proses penuaan atau dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. Hal ini dapat mengakibatkan daya ingat sebagian besar manusia berkurang. Padahal semakin kita dewasa, ingatan yang tajam sangat dibutuhkan terutama dalam pekerjaan. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa cara dalam meningkatkan daya ingat agar kemampuan otak kita tetap optimal.

Dikutip dari Alodokter.com, salah satu tips ampuh sebagai cara untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sejak masih muda juga harus diperhatikan, seperti menjaga asupan gizi, menyempatkan diri berolahraga di tengah padatnya aktivitas, mengasah otak dengan sering bermain games atau musik maupun kegiatan lainnya yang dapat menguji ingatan, dan yang terakhir adalah istirahat dengan cukup. Hal-hal tersebut akan membantu sistem kerja otak, sehingga  kita dapat memaksimalkan potensi daya ingat kita. Selain itu, mempertajam daya ingat juga dapat kita lakukan dengan cara rajin menulis atau mencatat segala hal yang ingin kita ingat.

Sumber gambar: Bostonglobe.com

Sebuah studi Hufflingtonpost.com yang dikutip dari “Baca Plus” telah mengemukakan suatu penelitian bahwa anak yang rajin menulis catatan di kelas dapat lebih unggul dari anak yang hanya menggunakan cara mengetik. Faktanya, menjauhi ketergantungan digital pada era teknologi saat ini merupakan tantangan yang cukup berat, namun dengan membudayakan menulis menggunakan pena akan mampu meningkatkan daya ingat kita dibandingkan dengan menggunakan smartphone. Cara ini dapat membantu dalam mengingat kembali apa yang kita pikirkan sebelumnya, karena pikiran tersebut sudah terlebih dahulu kita tuangkan di atas kertas atau catatan kita.

Terapkanlah cara-cara di atas dalam keseharian kita sebagai bentuk kebiasaan diri untuk meningkatkan daya ingat dan juga dapat meningkatkan konsentrasi pada otak. Lakukan kegiatan bersosialisasi dengan orang di sekitarmu serta sempatkanlah dirimu untuk merilekskan tubuh di tempat yang paling nyaman guna menghindari timbulnya rasa stres dan depresi, sebab kedua hal tersebut dapat mengganggu ketajaman daya ingat kita. Memperkaya diri dengan rasa syukur atas apa yang telah diberikan juga dapat membantu mempertajam ingatan kita, sebab sebuah studi mengatakan bahwa rasa syukur akan membangkitkan emosi positif yang dapat membuat kita menjadi lebih optimis. (MRA/NAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *