GRAND FINAL MAWAPRES UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA: FAKULTAS EKONOMI JUARA TERFAVORIT

Sumber : Instagram @mawapresunj

Jakarta – Tanggal 8, 9, dan 10 Maret 2021, Universitas Negeri Jakarta telah kembali menyelenggarakan Grand Final Mahasiswa Berprestasi atau yang biasa disebut dengan Mawapres. Acara ini dilaksanakan di Aula Maftuchah Gedung Dewi Sartika, Kampus A Universitas Negeri Jakarta dan disiarkan langsung melalui live instagram @mawapresunj. Pada hari Senin, 8 Maret 2021, acara pertama diawali dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana, yaitu Noer Syahbani, lalu dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Dr.  Abdul Sukur, S.Pd M.Si. Setelah itu, dilanjutkan ke acara inti, yaitu pemaparan kisah inspiratif masing-masing panelis yang dimoderatori oleh Almadhina Qisthina. Rangkaian selanjutnya adalah presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh masing-masing finalis yang dimoderatori oleh Jannatul Firdausi N. Presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang dilakukan oleh para finalis dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dipaparkan oleh tiga belas finalis, yang diawali oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yaitu M. Arief Fathurochman, kemudian Dany Randa Firdaus dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Tiara Budi Maharani dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Devara A. Zusnawa dari Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSI), Samuel Yesaya Wirjopranoto dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Mila Ainnurriski dari Fakultas Ekonomi (FE), Shifa Nadhira dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), I Dewa Ayu Ketut Ning Sastriyani dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Septiana Dwiningrum dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Annisa Nurrahma dari Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSI), Zulri Ramadhan dari Fakultas Teknik (FT), Puspo Nagati Ning Gusti dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Novan Yonatan Seilatu dari Fakultas Ekonomi (FE). Setelah masing-masing kandidat mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) mereka, dewan juri Aam Amaningsih J., Ph.D. memberikan pertanyaan terkait dengan ide yang mereka presentasikan. Setelah itu, acara ditutup oleh MC serta pemberitahuan terkait rangkaian esok hari. Acara Grand Final Mawapres dilanjutkan pada hari Selasa, 9 Maret 2021 yang dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) kloter dua, diawali oleh Annisa Fitri Anugrah Sari dari Fakultas Ekonomi (FE), kemudian Siti Pujawati Nurmalasari dari Fakultas Budaya dan Seni (FBS), Peralihan Pertiwi Idea G. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Hadi Suseno dari Fakultas Teknik (FT), Egy Andarwati S. dari Fakultas Teknik (FT), dan Yulia Gusti Wulandari dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).  Setelah presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) berakhir, rangkaian selanjutnya adalah pemaparan kisah inspiratif. Kemudian, dilanjutkan dengan impromptu speech yang dinilai oleh juri Dr. Widya Parimita, SE, MPA. Acara dilanjutkan dengan penampilan hiburan dari finalis Mawapres UNJ. Setelah itu, acara ditutup oleh MC serta pemberitahuan terkait rangkaian esok hari.

Sumber : Instagram @mawapresunj

Rabu, 10 Maret 2021 merupakan akhir dari acara Grand Final Mawapres, tiba di puncak acara, yakni pengumuman pemenang Grand Final Mawapres Universitas Negeri Jakarta. Pengumuman pemenang dibagi menjadi 9 kategori yang diraih oleh beberapa peserta, yaitu kategori Mawapres Terinspiratif Yulia Gusti Wulandari dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Mawapres Best Personality Devara A. Zusnawa dari Fakultas  (FPPSI), Mawapres Bahasa Inggris terbaik Samuel Yesaya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Mawapres Karya Tulis Ilmiah (KTI) terbaik Hadi Suseno dari Fakultas Teknik (FT), Mawapres Terfavorit Annisa Fitri dari Fakultas Ekonomi (FE), Mawapres Terbaik III Puspo Nagati dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Sarjana Mawapres Terbaik II Sarjana UNJ Syifa Nadhira dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS),  dan inilah pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu pemenang Mawapres Utama Diploma UNJ diraih oleh Egi Andarwati dari Fakultas Teknik (FT), dan Mawapres Utama Sarjana UNJ diraih oleh Siti Pujawati dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). “Pertama-tama kaget dan tidak berekspektasi akan menjadi mawapres utama, karena melihat teman-teman finalis betul-betul luar biasa, bahkan dalam sejarah seni musik UNJ  ini merupakan rekor dan dobrakan baru bahwa seni musik juga ternyata mampu bersaing dalam bidang ini,” ucap Siti Pujawati dari Fakultas Bahasa dan Seni ketika ditanya perasaannya setelah dinyatakan menjadi mawapres utama jenjang sarjana. “Rintangan paling besar yang saya hadapi adalah diri sendiri, karena sebenarnya saat kita berlomba kita bukan bersaing dengan orang lain melainkan bersaing dengan ego sendiri,” ucap Egi Andarwati saat ditanya mengenai rintangan terbesar yang dihadapi saat mengikuti mawapres.

Sumber : Instagram @mawapresunj

“Alhamdulillah bersyukur bangett ganyangka banget sebenernya bakal ada di sini, kemaren maju ke panggung bener-bener nikmat yang Allah kasih banget buat saya di tahun ini, buat temen temen FE sebelumnya mau bilang, terimakasih banyak udah ngedoain dan ngedukung buat semua mawapres FE yang maju ke tingkat universitas pesannya, jangan takut buat keluar dari zona nyaman, jangan takut coba hal baru, dan jangan takut berjuang, berjuang itu asik, walau tantangannya banyak tapi bakal ada senyum manis di akhirnya. Semangat terus buat jadi mahasiswa yang terus bawa nama baik almamater, ditunggu prestasi terbaiknya temen temen FE,” lanjut Annisa. Pada tahun ini, Fakultas Ekonomi kembali meraih kejuaraan dengan membawa kategori Mawapres Terfavorit. Selamat untuk para finalis dan pemenang Mawapres Universitas Negeri Jakarta 2021, semoga selalu bisa berkontribusi di dalam maupun luar kampus. (AR/NAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *