Kuliah Umum “COVID-19 dan Perubahan Perilaku Penggunaan Teknologi dalam Transaksi Bisnis”

Jakarta – 26 Maret 2021, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah mengadakan Kuliah Umum bersama dengan narasumber Bapak M. Yani yang dimoderatori oleh Terrylina Arvinta M. Kuliah Umum ini membahas tentang “COVID-19 dan Perubahan Perilaku Penggunaan Teknologi dalam Transaksi Bisnis”. Acara ini berlangsung pada pukul 08.00-10.14 WIB melalui platform zoom meeting.

Sebelum acara dimulai, Olivia Citra Oktaviani selaku MC membacakan terlebih dahulu tata tertib dalam mengikuti Kuliah Umum ini. Selanjutnya, acara dibuka dengan sambutan oleh Dekanat Universitas Negeri Jakarta, yaitu Bapak Ari Saptono. Setelah pembukaan selesai, selanjutnya adalah pengenalan moderator oleh Ibu Terrylina dan narasumber oleh Bapak M. Yani yang sekarang ini sedang aktif sebagai Komisaris PT. Insight. Acara selanjutnya ada pemaparan materi dari narasumber mengenai perubahan perilaku pengguna teknologi. Singkatnya beliau membahas tentang penggunaan uang digital untuk kegiatan transaksi sehari-hari sebagai model baru perkembangan digital yang dimana mengubah perilaku dan pola hidup sebagian besar masyarakat. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini terdapat beberapa pertanyaan seperti “Berkurangnya jumlah karyawan dikarenakan banyak teknologi canggih yang menggantikan manusia” yang ditanyakan oleh Ryan Pradipta, mahasiswa dari Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2019. Pertanyaan tersebut dijawab oleh mahasiwa lainnya bahwa kita tidak perlu merasa takut karena tergantikan oleh mesin atau teknologi-teknologi canggih, karena semakin berkembangnya zaman pasti semakin banyak juga peluang-peluang untuk membuka lapangan kerja baru dengan menggunakan teknologi yang ada seperti sekarang.

Lalu, pertanyaan berikutnya datang dari Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, yaitu Ibu Sri Zulaihati yang bertanya mengenai “Seberapa amankah kita jika menggunakan dompet digital?” pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Bapak M.Yani, bahwa keamanan dari dompet digital kita itu kembali lagi kepada kepercayaan kita pada platform tersebut. Jika kita kurang yakin untuk menggunakan rekening utama, kita juga bisa menggunakan rekening lain yang sekiranya bukan tidak terlalu privacy.

Sesi tanya jawab diakhiri dengan closing statement dari Bapak M. Yani. Beliau berkata bahwa “Kreativitas itu penting! Digital adalah pintu masuk untuk kita mengembangkan kemampuan, salah satunya menggunakan Omni Application”. Beliau juga mengutip kata-kata dari founder Xiaomi “Kita harus selalu mencari peluang agar kita tetap selalu berkembang. Segalanya akan sangat mudah jika kita melakukan batu loncatan pada trend yang berlansung”. Selain itu, Ibu Sri Zulaihati juga memberikan sedikit closing statementnya, yaitu “Memang dunia digital itu harus selalu diikuti perkembangannya, berperilaku positif, dan memanfaatkan peluang”. Dan acara Kuliah Umum ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

(SPY/NAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *