Apakah Bedak Bayi Aman Untuk Digunakan Pada Kulit Wajah Remaja?

Bedak bayi kerap digunakan untuk remaja yang menyukai make up natural dan simpel. Harganya yang terjangkau dan dikenal aman, ringan dengan memiliki keharuman yang membuat remaja begitu tertarik untuk menggunakannya. Tentunya, hal ini perlu diperhatikan dalam penggunaaan bedak bayi yang memiliki dampak baik dan buruk untuk kulit wajah remaja.

Dilansir dari KumparanWOMAN, Dr. Melyawati Hermawan, SpKK yang merupakan dokter kulit di Siloam Hospital Kebon Jeruk. Beliau mengatakan bahwa bedak bayi sebenarnya masih aman untuk digunakan pada wajah. Namun, perlu diperhatikan dengan tipe kulit wajah yang dimiliki. Bedak bayi masih aman digunakan untuk remaja yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, karena bedak bayi mengandung mineral talc yang dapat menyerap minyak berlebih yang membantu mengurangi tampak kilap pada wajah berminyak. 

Sumber foto: Istockphoto.com

Berbeda dengan remaja yang memiliki kulit kering, tentunya hal ini tidak disarankan untuk menggunakan bedak bayi yang mengandung mineral talc tersebut. Hal itu dapat membuat remaja yang memiliki kulit kering akan semakin mengalami kering, karena kandungan mineral talc yang menyerap moist pada kulit wajah. Bagi remaja yang memiliki tipe kulit kombinasi, disarankan dalam penggunaan bedak bayi pada wajah digunakan secara tipis karena mengingat bedak bayi menyerap minyak dan juga bisa menyerap kelembapan.

Jadi, bedak bayi masih aman untuk digunakan pada kulit wajah remaja apabila dapat menyesuaikan jenis kulit yang dimiliki dengan penggunaan bedak bayi. Tentunya, untuk mendukung kesehatan kulit wajah dalam penggunaan bedak bayi, remaja perlu untuk menjaga kebersihan kulit wajah mereka. Sebelum menggunakan bedak, wajah sudah terlebih dahulu dibersihkan dan juga tak lupa untuk menggunakan pelembab dan tabir surya sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Terpenting saat sebelum tidur, bersihkan wajah secara menyeluruh supaya pori-pori pada kulit wajah tidak tersumbat oleh bedak, pelembab, tabir surya, dan perawatan sebelumnya yang telah digunakan. Jagalah kebersihan  wajah dan penggunaan bahan-bahan perawatan yang digunakan guna menjaga kesehatan dan meningkatkan kecantikan pada kulit wajah. (NNA/AWS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *