Yuk, Kenali Gerakan Protokol Kesehatan 5M!

Kasus positif COVID-19 di Indonesia saat ini sudah menurun, tetapi pandemi ini masih belum berakhir. Pemerintah sudah menerapkan kebijakan protokol kesehatan melalui gerakan 5M sebagai upaya memerangi virus korona. Namun, sangat disayangkan masih ada orang yang kurang peduli bahkan tidak mengetahui Gerakan 5M. Untuk itu, mari kita kenali lebih dalam tentang gerakan protokol kesehatan 5M yang diantaranya:

  1. Memakai masker

Pemakaian masker pada saat pandemi COVID-19 sudah menjadi kewajiban untuk seluruh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh penularan COVID-19 yang bisa terjadi melalui droplet (tetesan kecil) dari bersin atau batuk. Dengan begitu, kita diharapkan untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah.

  1. Mencuci tangan

Dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, maka kuman yang menempel pada tangan kita akan hilang. Apabila tidak ada air dan sabun, kita bisa menggunakan hand sanitizer.

Sumber foto: theconversation.com
  1. Menjaga jarak

Apabila kita ingin pergi ke luar rumah, ada peraturan yang mengharuskan untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang aman adalah 1 – 2 meter dari orang yang ada di sekitar kita. Hal ini penting karena penyebaran virus COVID-19 melalui mulut dan hidung terjadi sangat cepat.

  1. Menjauhi kerumunan

Saat berada di luar rumah, sebisa mungkin kita menjauhi kerumunan. Jika kita melakukan aktivitas dengan banyak orang, kemungkinan terpapar COVID-19 akan semakin tinggi. Oleh karena itu, jika tidak ada hal yang mendesak dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas dengan banyak orang.

  1. Mengurangi mobilitas

Mobilitas merupakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Mobilitas harus dibatasi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Apabila seseorang melakukan mobilitas dikhawatirkan akan membawa virus ke daerah yang ia kunjungi.

Sumber foto: cnnindonesia.com

Dikutip dari artikel tirto.id, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, memaparkan bahwa gerakan 5M bertujuan untuk menguatkan strategi penaggulangan pandemi COVID-19 sesuai acuan nasional dan  merupakan penggabungan antara kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dengan aksi 3T, yaitu testing (tes), tracing (pelacakan), dan treatment (penanganan).

Nah, apakah sudah lebih paham mengenai gerakan protokol kesehatan 5M? Jika kita sudah mengetahui gerakan 5M ini, diharapkan untuk lebih mematuhi dan menyadari pentingnya melaksanakan protokol kesehatan pada saat pandemi ini. Dengan begitu, kita bisa menghentikan rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. (TSF/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *