WEBINAR PELATIHAN MANAJEMEN STRES DI MASA PANDEMI COVID-19

Sabtu, 8 Agustus 2021, Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang bergerak di bidang keolahragaan atau yang biasa dikenal dengan nama UKO UNJ kembali menggelar webinar dengan tema “Pelatihan Manajemen Stres di Masa Pandemi COVID-19: STAY HEALTH, STAY SAFE, AND STAY SANE”. Acara dimulai pada pukul 09.00 yang dibuka oleh Khalishah Nabila selaku Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Fajri Darusalam. Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan, yang pertama sambutan dari Ketua Pelaksana Ahmad Jubaedih, kemudian Resti Sestiana Lesta selaku perwakilan Ketua UKO UNJ, dan sambutan dari Bapak Yansen Jutalo selaku Dosen Pembimbing UKO UNJ.

Berikutnya, masuk ke acara inti yang dimoderatori oleh Fajri Darusalam, yaitu pemaparan materi oleh Ibu Juriana, S.Psi., M.Si. yang merupakan dosen FIK UNJ. Beliau mengajar mata kuliah Psikologi Perkembangan, Perkembangan Motorik, Psikologi Olahrga, Kesehatan Mental, dan Mental Training. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa, saat merasa penat dengan keadaan, terkadang membutuhkan waktu untuk sendiri dan beristirahat untuk menghilangkan penat dalam diri. Stres terjadi karena terdapat kesenjangan antara apa yang diinginkan tidak sesuai dengan keadaan yang ada di lingkungan. Stres dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain, seperti perubahan perilaku, perubahan sistem tubuh, dan imunitas menurun. Hal-hal seperti itulah yang dapat menyebabkan tubuh mudah terserang sakit.

Ibu Juriana juga memberikan cara mengatasi stres khususnya di masa pandemi seperti ini, di antaranya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru,  dapat mengontrol emosi, melakukan olahraga dan olah mental, dan juga untuk selalu berpikiran positif.

Setelah itu, sesi tanya jawab dibuka selama 47 menit. Di penghujung sesi materi, Ibu Juriana memberikan closing statement. Beliau berkata, masa pandemi harus bisa merefleksikan diri dengan cara latihan berbenah diri yang dapat memperkuat fisik dan mental guna mengontrol situasi yang sedang dihadapi saat ini sehingga kualitas yang dimiliki terus dapat ditingkatkan dengan cara yang berbeda.

Selanjutnya, acara dikembalikan ke MC dan dilanjutikan dengan pembacaan doa penutup oleh Fajri Darussalam. Lalu, dilanjut dengan sesi dokumentasi yang dipimpin oleh Kiki Priska, dan acara ditutup oleh MC. (AR/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *