Ini Dia, Tips untuk Menghindari Penipuan di WhatsApp!

Haloo! Sadar ngga sih kalau teknologi itu perkembangannya sangat cepat? Dengan adanya perkembangan teknologi, hal tersebut bisa menguntungkan kita untuk lebih mudah menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun, seiring dengan perkembangan tersebut, penipuan juga makin meningkat. Bahkan, modus penipuannya pun berubah yang awalnya penipuan itu biasanya melalui SMS atau telepon, kini sudah merambah online salah satunya lewat WhatsApp.

Bentuk penipuan online saat ini ada berbagai macam, mulai dari hoax (berita bohong) sampai phising (pengelabuan). Apapun bentuk penipuannya, hal tersebut pasti sangat mengganggu kita. Tahu gak sih, dilansir dari Kompas.com, ada 91.242 tautan phishing yang beredar di seluruh aplikasi chatting selama Desember 2020 hingga Mei 2021 dan yang paling banyak itu ada di aplikasi WhatsApp.

Sembarangan mengeklik tautan yang tidak jelas sumbernya, dapat berisiko pada pembajakan akun hingga penyalahgunaan data pribadi, loh. Oleh karena itu, untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini cara menghindari penipuan lewat WhatsApp yang bisa kalian terapkan:

  1. Verifikasi dua langkah
    Sudah pada tahu tidak fungsi fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp? Jadi, fitur ini bisa membuat 6 digit PIN dan kamu dapat memilih opsi alamat e-mail. Nantinya, secara berkala WhatsaApp akan meminta untuk memasukkan PIN yang telah dibuat. Jika kamu lupa PIN-nya, WhatsApp akan mengirim notifikasi ke email untuk menyetel ulang PIN. Oh iya, kalau kamu mendapatkan e-mail yang meminta menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah padahal kamu tidak memintanya, jangan diklik tautan apa pun yang ada pada e-mail tersebut. Bisa saja ada penipu yang sedang berusaha untuk mengakses nomor telepon WhatsApp kamu.
  1. Cek nomor si pengirim
    Jika kamu masih ragu kalau pesan tersebut sebenarnya penipuan atau tidak, bisa banget nih kamu cek nomor si pengirim di aplikasi Get Contact. Nantinya, kamu bisa mengetahui bahwa nomor si pengirim itu bisa dipercaya atau tidak.
  1. Blokir dan laporkan pesan tidak dikenal
    Jika kamu mendapat pesan dari nomor yang tidak dikenal dengan isi pesan yang mencurigakan, apalagi diisi pesan tersebut menyuruh kamu untuk mengklik tautan, duh hati-hati, ya! Kalau bisa kamu tidak perlu membalasnya. Takutnya, isi tautan tersebut merupakan phising yang dapat mengambil data pribadi akun WhatsApp kamu.
  1. Keluar dari WhatsApp Web
    Pasti dari kalian ada yang pernah membuka WhatsApp Web di tempat umum menggunakan wifi publik. Pasalnya, wifi publik itu rentan terkena hack. Jadi, sebisa mungkin kalian hindari menggunakan WhatsApp Web ketika menggunakan wifi publik, ya!

Nah, itulah beberapa cara untuk menghindari penipuan lewat WhatsApp. Jika nanti ada pesan yang masuk dan merasa cukup aneh dengan pesan tersebut, tidak perlu ditanggapi. Jika pesan tersebut terus-menerus masuk, blokir saja kontaknya. Mungkin itu saja tips yang bisa kami diberikan. Hati-hati terhadap penipuan dan semoga kita selalu terhindar dari hal yang buruk, sampai jumpa! (AR/RAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *